Tips Menanam dan Memelihara Mangrove dari Propagul

Langkah Menanam dari Propagul

LindungiHutan.com, Semarang. Halo Sahabat! Apakah kalian sedang mempersiapkan weekend untuk mangroving? Apabila Sahabat sedang berjalan-jalan di pesisir pantai, dan kebetulan menemukan buah mangrove (propagul) dari jenis Rhizopora dan Bruguiera, cobalah lakukan hal sederhana berikut ini:

Propagul-siap-Tanam.jpg

— Ambil dan pilih buah mangrove yang matang, dicirikan dengan adanya lingkaran cincin berwarna kuning, di bagian bawah buahnya (bagian paling atas, berwarna coklat). Bukalah buahnya, lalu tanamlah dua pertiga bagian propagul ke tanah.

— Pastikan propagul tertanam dengan baik. Kalau ada potongan bambu dan rafia, tanamlah bambu (ajir) disamping propagul, lalu ikat dengan tali rafia. Cara ini lebih baik untuk melindungi mangrovemu dari gelombang yang sewaktu-waktu bisa merobohkannya.

Penanaman-Mangrove-disertai-Ajir.jpg

— Jangan lupa pelihara mangrove Anda, dengan cara kembali lagi ke pesisir untuk sekedar melihat perkembangannya. Lakukan ini, minimal selama 3 bulan setelah Anda selesai menanam. Pastikan, mangrove Anda dalam keadaan baik.

Dengan cara ini , Anda telah menyelamatkan mangrove. Biarkan mangrove hidup dan menjalankan fungsinya dengan baik. Mari bersama menyelamatkan ekosistem mangrove kita, sekarang!!

Referensi: Mangroves For The Future

Tentang LindungiHutan

LindungiHutan adalah sebuah startup asal kota Semarang yang berfokus pada penggalangan dana dan gerakan pelestarian kawasan hutan. Visi LindungiHutan yaitu “Bersama Menghijaukan Indonesia” dan Misi untuk “Menanam sejumlah penduduk Indonesia pada 2020”. Relawan LindungiHutan saat ini telah tersebar di lebih dari 70 daerah dengan total 4.000 relawan terdaftar.

Blog LindungiHutan adalah media publikasi digital yang berisi tentang kegiatan, kampanye alam dan relawan LindungiHutan.