Soni Mohson, sosok dibalik lebatnya Mangrove Wonorejo, Surabaya

Soni Mohson, sosok dibalik lebatnya Mangrove Wonorejo, Surabaya

LindungiHutan.com, Semarang. Surabaya merupakan salah satu ibu kota provinsi yang tergolong padat penduduk. Wonorejo merupakan sebuah desa kecil yang terletak di Kota Surabaya bagian timur.

Menjalani kehidupan di wilayah pesisir sejak 1996, tepatnya di kawasan Wonorejo, Rungkut membuat seorang Soni Mohson menjadi aktif memperhatikan lingkungan. Ia  awalnya mengira kawasan pesisir Wonorejo layaknya pantai Kenjeran yang terbilang bersih. Tetapi kenyataannya ketika ia mengunjungi kawasan mangrove Wonorejo, ia melihat banyaknya limbah dan sampah yang menyangkut di akar-akar mangrove.

Banyaknya industri yang terdapat disana sedikit banyak menjadi penyebab kerusakan ekosistem yang ada. Kurangnya kesadaran warga tentang lingkungan serta pembangunan yang tidak memperhatikan tata letak juga menyebabkan rusaknya ekosistem terutama dikawasan pantai.

Soni berinisiatif untuk memperbaiki lingkungan sekitar pantai yang sangat memprihatinkan. Langkah awal, ia mengajak warga sekitar untuk melakukan penghijauan dengan menanami lingkungan pantai dengan benih mangrove. Setelah dirasa berjalan dengan baik, sekitar tahun 1999, Sony membentuk Kelompok Tani Mangrove Wonorejo.

Setelah hampir 20 tahun mengurus mangrove di Wonorejo, sekarang dapat dilihat mangrove-mangrove yang ditanam disana tumbuh subur dan saat ini kawasan mangrove Wonorejo dijadikan objek wisata. Sekarang waktunya bagi kita untuk menjaga dan melestarikan ekosistem dan lingkungan sekitar kita, bersama. (Kika)

 

Leave a Reply