Selamat Hari Sejuta Pohon Sedunia

Penanaman Pohon Bersama Sahabat Alam
Terimakasih Sahabat Alam yang telah Berpartisipasi dalam Kegiatan Penanaman! (Dok. LindungiHutan)

Rutin diperingati setiap tahunnya, 10 Januari sebagai Hari Sejuta Pohon Sedunia merupakan momen dimana warga seluruh dunia menyelamati satu juta pohon yang masih ‘sanggup’ tumbuh untuk memberi beribu manfaat bagi makhluk di sekitarnya. Merujuk pada kata sanggup yang memiliki arti dapat atau mampu, sebagai warga dunia yang peduli terhadap isu kerusakan lingkungan, sudah seharusnya kita berbelasungkawa atas pohon baik yang terbakar di beberapa lokasi dunia.

Pelajari lebih lanjut : Dunia Darurat Api : Kebakaran Hutan, Siapa Penyebabnya

Hari Sejuta Pohon Sedunia, ada untuk mengingat jasa satu juta, atau bahkan lebih dari berpuluh-puluh juta pohon yang tumbuh meneduhkan planet bumi. Digerakkan oleh warga dunia yang masih menyadari pentingnya kehadiran makhluk hidup selain manusia dan hewan,  Hari Sejuta  Pohon umumnya dirayakan dengan penanaman sebanyak-banyaknya lahan hijau di lokasi yang dianggap gundul. Selain itu, berbagai kegiatan konservasi lingkungan juga digalakkan dengan berkolaborasi bersama seluruh elemen masyarakat, dan instansi yang masih peduli terhadap kondisi lingkungan saat ini.

Mangrove Cegah Abrasi Pantai
Penanaman Bibit Mangrove sebagai Salah Satu Pencegahan Abrasi Pantai (Dok. LindungiHutan)

Pohon merupakan makhluk hidup yang baik wujudnya. Dari ujung akar hingga ujung daun, keseluruhannya bermanfaat. Bayangkan saja bagaimana pohon dapat mengurangi kadar CO2 di sebuah daerah dan mengubahnya menjadi O2 atau oksigen yang utama dibutuhkan oleh tubuh makhluk hidup berparu-paru.

Akar, daun, batang pohon pun memiliki beribu manfaat. Entah itu untuk pengobatan, pencegahan abrasi pantai, ataupun siasat bertahan hidup hewan-hewan hutan. Pun apa yang ditumbuhkan dari sebuah pohon, buah dan bunga. Tanpa adanya buah, bagaimana kita mendapatkan asupan serat sekaligus nikmatnya hidangan fruktosa alias gula alami? Tanpa adanya bunga, bagaimana cara lebah mendapatkan makanannya sehingga kita bisa menikmati manisnya madu?

Pernahkah kita berfikir, dengan begitu banyaknya hal baik yang dihasilkan oleh pohon, apakah kita sudah, ataupun setidaknya pernah membalas kebaikan tersebut?

Isu kerusakan lingkungan semakin meningkat. Lahan hijau semakin berkurang. Penebangan liar semakin marak beroperasi. Lingkungan dieksploitasi atas nama kebutuhan ekonomi dan politik.

Pelajari lebih lanjut : #MendekorBumi: Mendekor Masa Depan

Dengan segala kerusakan yang telah terjadi, apakah kalian yang membaca artikel ini, berani memberikan jaminan kepada anak-cucu, bahwa mereka masih dapat merasakan nikmatnya berteduh di bawah pohon setelah lari sore di taman kota?

Atau indahnya mengagumi fauna asli sebuah negara yang sedang bertengger manja di atas pohon sembari menikmati daun-daun muda yang mulai tumbuh? Lalu, sudahkah mengingat hal baik apa yang pernah kita lakukan terhadap sebuah pohon?

Setidaknya selama masih hidup, balaslah sesekali jasa pohon. Ia adalah makhluk hidup yang pertumbuhannya sangat dinanti. Ia adalah makhluk hidup baik yang selalu mendengarkan permohonan kita tentang dunia yang semakin rusak.

Selalu menjadi harapan, bahwa hari sejuta pohon di dunia bukanlah sebuah selebrasi semata. Satu juta di atas diameter bumi yang sebegitu besarnya adalah hal yang kecil.

Bagaimana jika satu orang membawa satu juta pohonnya? Satu juta oksigen dan satu juta keberkahan yang tidak akan pernah habis jika dibandingkan dengan kondisi bumi yang semakin memanas ini. Mari menanam, jangan biarkan pohon-pohon di dunia berdiri tanpa kawan. (Intan Widianti Kartika Putri / LindungiHutan)