Rob Tak Halangi Semangat TRIPARI dan Relawan LindungiHutan Semarang Tanam Mangrove di Trimulyo

LindungiHutan.com, Semarang. Memprihatinkan, itu adalah kata yang mungkin bisa menggambarkan kondisi lokasi penanaman yang dilakukan relawan LindungiHutan Semarang dan komunitas TRIPARI (Trimulyo Pesisir Bahari). Sudah bertahun-tahun abrasi menghajar pesisir Genuk dan memperparah kondisi lingkungan disana.

“Serangan abrasi semakin hari semakin parah di sini, jadi dengan kita melakukan penanaman bibit mangrove di lokasi ini setidaknya nanti ketika tumbuh besar dapat mengurangi dampak dari abrasi disini,” kata Antok, ketua komunitas TRIPARI.

Banjir rob yang kerap menerjang daerah Terboyo-Genuk seperti siklus rutin setiap tahun, utamanya di musim hujan seperti sekarang. Namun meskipun sempat terkendala banjir rob, semangat peserta penanaman pada Minggu, 9 Desember lalu tetap tinggi lho.

Tercatat ada sekitar 40 peserta dari berbagai kalangan seperti relawan LindungiHutan Semarang, Komunitas Iki Lho Genuk, Komunitas Semarangkers, IPNU Genuk, dan mahasiswa dari berbagai universitas di Semarang yang ikut dalam kegiatan penanaman di pesisir pantai Trimulyo. Dari hasil donasi di website LindungiHutan, terkumpul sejumlah 671 bibit mangrove jenis Rhizophora sp..

“Tadi motor saya dan beberapa peserta sempat mogok di jalan gara-gara kena rob, tapi alhamdulillah bisa sampai tempat penanaman dengan selamat. Semoga yang tadi kita tanam ga sia-sia deh ya,” kata salah satu peserta.

”Kita sangat senang dengan kegiatan ini karena banyak dari beberapa komunitas, fakultas dan dari ormas yang ikut meramaikan dengan semangat yang luar biasa. Semoga apa yang kita tanam bisa menjadi berkah, kegiatan kemarin bisa menjadi motivasi bagi mereka yang belum bisa mengikutinya, serta semoga kegiatan kemarin bisa membuat masyarakat menjadi lebih peduli lagi dengan keadaan lingkungan,” harap Antok.

Ia juga mengucapkan terimakasih kepada LindungiHutan dan para relawan yang sudah memberikan waktu, tenaga, bahkan materi yang sangat bermanfaat bagi lingkungan Trimulyo. Mereka berharap bisa berkerjasama lagi di lain waktu dengan semangat yang sama dan kekompakan yang lebih solid lagi.

“Dan semoga LindungiHutan bisa lebih maju lagi dan dapat membuat Indonesia lebih hijau lagi.”

Baiiiikkkk kak, siaaaappp~ (Kika)