Relawan LindungiHutan Jayapura dan FKJ Adakan Upacara 17an Pertama Kalinya Di Mangrove Papua

LindungiHutan.com, Semarang. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kemerdekaan berarti keadaan (hal) berdiri sendiri (bebas, lepas, tidak terjajah lagi, dan sebagainya) atau suatu kebebasan.

Selama 73 tahun merdeka, beragam cara dilakukan oleh masyarakat untuk memperingati dan mengisi momen kemerdekaan Indonesia, baik dengan upacara maupun kegiatan lomba dan sebagainya. Semakin tahun, kegiatan-kegiatan tersebut semakin unik dan tidak hanya diperingati oleh instansi-instansi pemerintahan saja.

Salah satu yang merayakan kemerdekaan Indonesia dengan cara berbeda adalah Forum Komunitas Jayapura (FKJ), termasuk di dalamnya adalah relawan LindungiHutan Jayapura. Pada momen ini, mereka mengadakan upacara bendera di kawasan mangrove Hanyaan Entrop, Kota Jayapura.

“Dengan menggunakan 8 rakit, 17 dayung, dan 73 bendera merah putih, acara diikuti oleh 45 peserta dari berbagai komunitas dan berlangsung dengan khidmat,” kata Freddy Wanda, yang pada kegiatan tersebut bertindak sebagai inspektur upacara.

Kegiatan upacara bendera di tengah hutan mangrove ini sungguh sangat menarik dan unik, pasalnya tempat upacara berada diatas air dan seluruh peserta upacara pun berlabuh menggunakan rakit yang terbuat dari bambu dan botol bekas air mineral.

“Kami mempersiapkan kegiatan ini selama kurang lebih dua minggu. Rakit yang kami pakai sebagai tempat berpijak menggunakan botol minuman dan jerigen bekas yang sengaja dikumpulkan oleh para relawan. Untuk peserta, kami memang sengaja membatasi agar kelestarian hutan adat Hayaan Entrop ini juga tetap terjaga,” jelas Gamel Abdel Nasser selaku koordinator kegiatan.

Upacara bendera dalam rangka memperingati kemerdekaan Indonesia yang ke-73 ini mengusung tema kepedullian terhadap lingkungan terutama hutan mangove yang menjadi salah satu elemen penting dalam menunjang kelangsungan hidup manusia kedepannya.

Ada banyak fungsi hutan mangrove bagi tiga kampung (Tobati, Engros, dan Nafri) yang berada di kawasan mangrove Hayaan Entrop ini, dan jika ditanya apa yang bisa dilakukan para pemuda untuk mengisi kemerdekaan, maka dengan menjaga lingkungan hutan dan tidak merusak itu bisa disebut bagian dan mengisi apa yang Tuhan titipkan.

Usai upacara, dilakukan bersih sampah oleh peserta upacara dengan memungut sampah plastik yang tersangkut di hutan mangrove.

Selamat Ulang Tahun Indonesia, MERDEKA !! (Kika/LH Jayapura)

Referensi: Antara, Wartaplus