Pohon Dari Relawan LindungiHutan Semarang Untuk Tirang Yang Hilang

Pohon Dari Relawan LindungiHutan Semarang Untuk Tirang Yang Hilang

LindungiHutan.com, Semarang. Ada beberapa titik rehabilitasi mangrove yang dilakukan oleh relawan LindungiHutan Semarang, salah satunya ada di sekitar Tugurejo. Disana, dahulunya terdapat sebuah pulau yang bernama Tirang, yang saat ini hanya menyisakan garis pantai karena sudah hilang terkena abrasi.

Jaraknya cukup jauh dari pusat kota, kurang lebih sejauh 12 kilometer atau sekitar 25 menit berkendara dengan akses jalan masuk yang masih tanah berbatu. Kondisi disana sepi, karena semenjak habis tergerus abrasi, orang-orang tidak lagi menjadikan Tirang sebagai destinasi wisata. Rob yang menjadi dampak abrasi dan penurunan lahanpun sering menyapa daerah ini, membawa serta sampah dari hulu dan meninggalkannya di sepanjang pantai, membuatnya semakin kotor dan tidak terurus.

“Akses menuju kesana sangat buruk sehingga kami dan para peserta penanaman serasa ada di acara My Trip My Adventure. Tetapi hal tersebut ternyata tidak mengurangi antusiasme relawan yang ikut, tercatat ada 41 relawan yang mengikuti acara penanaman hari ini,” kata Annisa, penanggungjawab acara pada Minggu, 2 Desember 2018 lalu.

Pada acara yang mengusung tema “Pohon untuk Tirang yang Hilang” ini, terkumpul 438 bibit mangrove hasil donasi melalui website LindungiHutan.

“Jumlahnya memang masih belum banyak, tetapi saya optimis jika hal ini rutin dilakukan akan menghasilkan sesuatu yang baik bagi kawasan Tirang,” lanjutnya.

Disisi lain, Luthfi Khakim, Koordinator Relawan LindungiHutan Se-Indonesia mengungkapkan apresiasinya bagi relawan LindungiHutan Semarang.

“Dengan berkegiatan ini saya sangat senang masih banyak para pemuda khususnya masih peduli dengan alam mau ikut serta penanaman mau kotor-kotoran dan mau panas-panasan demi kepedulian dengan alam,”

Semoga saja bibit yang telah tertanam bisa bermanfaat untuk ekosistem di Tirang dan sekitarnya, serta  kegiatan ini dapat menggugah masyarakat pada umumnya dan masyarakat sekitar khususnya agar tetap melestarikan Tirang. (Kika)

Leave a Reply