PT PLN (Persero) PUSHARLIS UP2W V Semarang Tanam 500 Mangrove

Semarang (16/04/2019). Kawasan pesisir Dukuh Tapak Kelurahan Tugurejo merupakan kawasan yang terletak di kecamatan Tugu, kota Semarang. Kawasan ini  memiliki luas lebih kurang 225 ha. Di kawasan tersebut tumbuh subur beragam jenis tanaman pesisir (mangrove) seperti Rhizopora sp, Bruguiera sp, dan Avicenia sp.

Beberapa tahun yang lalu terdapat pantai yang ada di pesisir Dukuh Tapak, oleh warga sekitar pantai tersebut disebut dengan Pantai Tirang. Naasnya akibat Abrasi yang melanda daerah tersebut, kini pulau itu telah hilang. Pulau ini sebelumnya memiliki pohon mengrove yang rimbun, bahkan sempat dijadikan ikon keindahan wisata alam di Kota Semarang. Sayangnya, yang tersisa saat ini hanyalah garis pantai bekas Pulau Tirang yang hilang akibat tenggelam.

Foto: Pantai Tirang

Di balik kisah sedih tersebut, Pulau Tirang masih menyimpan sisa-sisa keindahan, berupa Pantai Tirang. Lokasi PantaiTirang yang berada di antara kawasan tambak pesisir utara, di bibir pantai Laut Jawa menyebabkan Pantai Tirang rentan terkena abrasi.

Bekerja sama dengan lindungihutan.com, PT PLN (Persero) PUSHARLIS UP2W V Semarang mengadakan aksi penanaman pohon kelurahan Tugurejo. Dalam kegiatan yang dilaksanakan pada 16 April 2019, tertanam sekitar 500 pohon bibit mangrove jenis Rhizophoramucronata.

Foto: Serah Terima Bibit

“Kami berharap agar penanaman ini bisa dapat mendukung upaya pelestarian lingkungan di kota Semarang. Selain itu kami juga berharap agar aktivitas ini dapat mengurangi abrasi yang ada di Kelurahan Tugurejo”, Ujar Bapak Edwin selaku manajer PT PLN (Persero) PUSHARLIS UP2W V Semarang.

“Saya mewakili Lindungihutan.com senang sekali bisa bekerja sama dengan PLN dalam kegiatan penanaman magrove ini, kami berharap kerjasama yang lebih erat lagi dalam berbagai macam kampanye di masa yang akan datang. Kami juga selalu membuka peluang kerja sama dengan berbagai pihak dalam rangka pelestarian lingkungan”, ujar Erin selaku perwakilan LindungiHutan.com saat ditanya pendapatnya mengenai acara penanaman mangrove kali ini.

Foto: Kegiatan Penanaman

Sinergi dalam melestarikan lingkungan sangat diperlukan sehingga dampak yang ditimbulkan lebih besar dan lebih bermanfaat bagi semua pihak. Mari senantiasa merawat dan menjaga bumi kita tercinta. (Fajar)