Pengertian Relawan, Definisi dan Pendapat Ahli

Kegiatan Relawan LindungiHutan Kendari saat Acara RawatBumi-Pengertian Relawan-Wanaswara
Relawan LindungiHutan bersama Aktivis Lingkungan saat Menanam Pohon pada Pelaksanaan RawatBumi. (Dokumentasi Relawan LindungiHutan Kendari)

Kami pernah menanyakan beberapa orang tentang arti relawan atau dalam bahasa gaul disebut volunteer. Mayoritas jawaban yang kami temukan cukup mengejutkan. Sebagian menyebut relawan merujuk pada “orang-orang yang membantu ketika terjadi bencana seperti gempa bumi, banjir dan tanah longsor”. Beberapa lain mengutarakan bahwa relawan merupakan “kelompok yang menggalang dana untuk tujuan kemanusiaan”. Dan diantara generasi milenial cenderung membedakan antara konsep kerelawanan dan volunteering. Karena itulah, LindungiHutan pun yang memayungi ribuan relawan di bermacam daerah merasa perlu untuk memberikan edukasi tentang pengertian relawan dan nilai yang harus diketahui oleh setiap sukarelawan.

Pelajari lebih lanjut: Motivasi Menjadi Relawan, Ikhlas kah?

Pengertian Relawan

Guna elaborasi yang lebih mendalam, kami akan memaparkan mengenai definisi relawan yang diutarakan oleh para ahli dan cendekiawan serta pendapat internal dari tim LindungiHutan. Perbedaan penafsiran tidaklah signifikan dan rigid. Melainkan hanya penerapan pemaparan yang umum menjadi mengerucut dan spesifik supaya mudah diaplikasikan pada pelaksanaan kegiatan maupun pembentukan struktural di masing-masing daerah. Pandangan yang kami tawarkan tidak bersifat kaku dan tetap sehingga mungkin saja di kemudian hari akan direvisi.

Partisipasi Panitia dan Peserta HutanMerdeka Banyumas-Pengertian Relawan-Wanaswara_Blog LindungiHutan
Foto Bersama Panitia dan Peserta #HutanMerdeka Banyumas . (Dokumentasi Relawan LindungiHutan Banyumas)

Relawan secara etimologi

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) mengemukakan definisi relawan adalah bentuk non-formal (tidak baku atau bahasa lisan) dari sukarelawan. Sukarelawan berarti “orang yang melakukan sesuatu dengan sukarela (tidak karena dipaksa atau diwajibkan). Dan akar sebutan ini merupakan gabungan dari kata “suka”, “rela” dan “akhiran -wan” (atau -wati bagi perempuan) yang menunjukkan pelaku seperti wirausahawan, dermawan dan karyawan. Dengan merinci istilah “sukarelawan” menjadi lebih mendasar, kita dapat mengambil kesimpulan bahwa relawan (sukarelawan) yaitu individu yang mengambil peran atau melakukan kegiatan tertentu atas motif suka dan rela. Sedangkan padanan kata ini dalam bahasa inggris yang paling mendekati ialah “volunteer”.

Cambridge Dictionary menekankan yang serupa dengan penjabaran KBBI yakni “a person who does something, especially helping other people, willingly and without being forced or paid to do it” (Seseorang yang melakukan sesuatu, terutama untuk membantu orang lain, karena kemauan dan tanpa paksaan atau pun bayaran). Collins Dictionary pun memberikan pengartian yang mirip. Dan Lexico (Platform yang Diprakarsai oleh Oxford Dictionary) mendeskripsikan volunteer sebagai “a person who freely offers to take part in an enterprise or undertake a task” (Individu yang secara cuma-cuma menawarkan diri untuk berpartisipasi dalam sebuah proyek atau mengambil posisi pada tugas tertentu). Penjabaran dari bahasa Indonesia maupun Inggris menunjukkan kemiripan dalam aspek makna antara relawan (sukarelawan) dan volunteer.

Relawan menurut cendekiawan

International Labour Organization (ILO) atau Organisasi Buruh Internasional menyatakan bahwa relawan yaitu siapapun yang berada pada usia produktif dan dalam periode yang relatif singkat, bekerja tanpa upah, melakukan aktivitas yang tidak menjadi keharusannya dalam menghasilkan produk atau jasa; dan bukan di wilayah ia atau keluarga menetap.

Piliavin dan Siegel mengeruaikan kegiatan volunteering yakni ikut bertindak dalam kerangka organisasi yang berpotensi untuk menghasilkan layanan-layanan bagi seseorang, kelompok, atau masyarakat umum (taking actions within an institutional framework that potentially provide some service to one or more other people or to the community at large)

David Horton Smith menjabarkan dengan lebih rinci dengan menyatakan relawan adalah individu yang terlibat dalam aktivitas yang selain dorongan manusiawi (Bio-socially) seperti makan, minum, dan tidur, bukan karena tuntutan ekonomi (bekerja, memperbaiki dan membangun rumah), bukan keharusan sebab sosial-politik (membayar pajak, mengikuti ujian pembuatan Surat Izin Mengemudi), melainkan dipengaruhi oleh harapan terhadap manfaat nyata atas “kebaikan” yang dihasilkaan dibandingkan melakukan kegiatan yang termaktub sebelumnya.

Pelajari lebih lanjut: Kang Maman

David G. Myers mengutarakan pendapat tentang pengertian relawan yang ringkas dalam buku “Social Psychology” yaitu orang yang memiliki hasrat untuk membantu sesama tanpa mengharapkan imbalan. Konsep ini lebih dikenal dengan penyebutan altruisme atau biasa kita sebut sebagai “ikhlas” dan “rela”.

Scroeder memberikan penjelasan yang tidak terlalu berbeda dengan Myers, namun mempunyai penekenan yang lebih mendalam. Sukarelawan ialah individu yang rela menyumbangkan tenaga atau jasa, kemampuan dan waktunya tanpa mendapatkan upah secara finansial atau tanpa mengharapkan keuntungan materi dari organisasi pelayanan yang mengorganisasi suatu kegiatan tertentu secara formal. Selain itu kegiatan yang dilakukan relawan bersifat sukarela untuk menolong orang lain tanpa adanya harapan akan imbalan eksternal.

Pengertian Relawan dalam perspektif LindungiHutan

Relawan LindungiHutan Jadetabek pada Pelaksanaan Kegiatan #HutanMerdeka di Srengseng, Jakarta Barat-Pengertian Relawan-Wanaswara-Blog LindungiHutan
Relawan LindungiHutan Jadetabek pada Pelaksanaan Kegiatan #HutanMerdeka di Srengseng, Jakarta Barat. (Dokumentasi Relawan LindungiHutan Jadetabek)

Kajian terhadap berbagai buah pikiran para cendekiawan mengenai pengertian relawan telah berlangsung sejak beberapa dekade lalu. Kendala yang dihadapi oleh untuk menentukan definisi yang baku mengenai konsep ini. Studi dan penelitian terbaru telah menunjukkan bahwa tidak semua orang yang terlibat dalam aktivitas kerelawanan atau volunteering termotivasi karena altruisme atau tanpa mengharapkan balasan. Kesulitan tersebut terus menjadi pertanyaan yang sulit untuk ditemukan jawaban yang sama. Siapa itu Relawan?

Pelajari lebih lanjut: 11.000 Mangrove Peringati 2 Tahun LindungiHutan

Pemberian penafsiran makna dan pengertian relawan sangat tergantung oleh beberapa faktor-faktor diantaranya yaitu norma dan nilai sosial-budaya, pengetahuan, dan peran organisasi dalam membentuk paradigma di kalangan volunteer. Akan tetapi secara garis besar, relawan atau sukarelawan mengerucut pada individu yang melakukan atau bergabung dengan kelompok, komunitas dan lembaga guna menghasilkan produk dan layanan untuk kemanfaatan orang, golongan atau masyarakat umum. Tindakan ini didasari atas keinginan, kemamuan, kemampuan dan rasa suka dengan tanpa mengarapkan balasan. Sekalipun dalam praktek di kemudian hari, ia memperoleh imbalan berupa materi atau non-materi. (Muhammad Nana Siktiyana/LindungiHutan)