Mengenal Banjir Rob, Momok Masyarakat Di Sepanjang Pesisir

Mengenal Banjir Rob, Momok Masyarakat Di Sepanjang Pesisir

LindungiHutan.com, Semarang. Istilah banjir memang sangat akrab menyapa telinga kita, terlebih kita tinggal di negara yang mempunyai dua musim, yakni kemarau dan penghujan. Di saat musim penghujan tiba, maka di berbagai wilayah Indonesia akan terdengar berita tentang terjadinya banjir. Banjir memang sudah menjadi agenda tahunan bagi warga Indonesia.

Tahukah Sahabat, banjir tidak hanya terdiri atas satu macam saja? Memang banjir ini merupakan istilah bagi air yang terlalu banyak dan meluap-luap hingga menggenangi berbagai tempat, termasuk pemukiman warga.

Jenis-jenis banjir ada bermacam-macam, ada banjir lumpur, banjir bandang, banjir rob, dan lain sebagainya. Pada kesempatan kali ini kita akan membicarakan lebih lanjut mengenai salah satu jenis banjir, yakni banjir rob.

foto: ilustrasi banjir rob (sindonews)

Pengertian banjir rob

Banjir rob merupakan banjir yang airnya berasal dari air laut. Banjir rob ini adalah banjir yang diakibatkan oleh pasangnya air laut, hingga air yang pasang tersebut menggenangi daratan. banjir rob ini juga dikenal sebagai banjir genangan. Banjir rob ini akan sering melanda atau sering terjadi di daerah yang permukaannya lebih rendah daripada permukaan air laut. Karena disebabkan oleh meluapnya air laut yang sampai ke daratan, maka air yang menggenangi karena banjir rob ini mempunyai warna yang cenderung lebih jernih daripada air yang pada banjir-banjir biasanya.

Karakteristik Banjir Rob

Banjir rob sendiri mempunyai beberapa ciri khusus, antara lain:

— Terjadi pada saat air laut sedang pasang

— Warna air tidak terlalu keruh

— Tidak melulu terjadi pada saat musim penghujan tiba

— Biasanya terjadi pada daerah yang mempunyai wilayah dataran lebih rendah daripada wilayah lautan.

foto: ilustrasi banjir (okenews)

Itulah beberapa karakteristik dari banjir rob. Jadi ketika ada daerah yang terkena banjir dan mempunyai ciri-ciri seperti yang disebutkan di atas, maka kemungkinan banjir tersebut adalah jenis banjir rob.

Lalu, apa saja yang menyebabkan banjir rob ini terjadi? Bagaimanapun, suatu banjir kedatangannya karena dipicu oleh beberapa hal. Demikian halnya dengan banji rob ini. meskipun kita sudaj mengetahui sebelumnya bahwasannya banjir rob ini disebabkan oleh keadaan air laut yang pasang, namun dibalik pasangnya air laut tersebut pastilah ada sesuatu yang melatar belakangi banjir tersebut terjadi. (Kika dan Pai)

Sumber: ilmugeografi

Leave a Reply