#MendekorBumi: Mendekor Masa Depan

Dalam rangka merayakan ulang tahun yang ke-3, PT. Mendekor Anugerah Indonesia menggandeng LindungiHutan telah sukses melaksanakan kampanye alam dengan program bertajuk #MendekorBumi yaitu kegiatan penggalangan dana untuk menanam pohon mangrove. Acara berlangsung pada hari Minggu, 6 September 2019. Dalam kegiatan ini, sebanyak 320 bibit pohon mangrove di kawasan Ekowisata Mangrove Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara.

Pelajari lebih lanjut: Pohon untuk Sumbawa: Selamatkan Pulau Gili Dangar Ode di Sumbawa

#MendekorBumi sengaja dirancang sebagai wadah bagi yang ingin berkontribusi dalam melakukan penghijauan. Terutama bagi masyarakat urban yang terbatas pada ruang dan waktu. Selain itu, program ini bertujuan untuk mengembalikan apa yang telah kita pinjam dari bumi.

Mendekor Masa Depan: Pelaksanaan Kegiatan #MendekorBumi
Peserta dan Karyawan PT. Mendekor Anugerah Indonesia Melakukan Penanaman Mangrove di Ekowisata Mangrove Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara. (Dokumentasi: Istimewa)

Disadari atau tidak, produk yang kita pakai sehari-hari, apa yang kita konsumsi, adalah hasil dari bumi. jika perilaku bergantung pada bumi ini tidak diimbangi dengan perilaku melestarikannya maka penurunan kondisi lingkungan akan terjadi.

Menurut berbagai penelitian, Jakarta dinobatkan menjadi salah satu kota yang paling berpolusi sedunia. Kondisi ini sekaligus membawa dampak buruk bagi kesehatan masyarakat ibukota. Potensi timbul penyakit asma, paru-paru basah bahkan kanker. Selain itu juga, polusi yang terus meningkat berpotensi mempercepat proses perubahan iklim (climate change) akibat penipisan lapisan ozon karena kadar karbon dioksida yang senantiasa bertambah.

Pelajari lebih lanjut: Pemkot Semarang Galakkan Penghijauan

Situasi ini melahirkan sebuah kesadaran publik bahwa Jakarta membutuhkan perhatian. Terlebih atas permasalahan kurangnya kawasan hijau dan polusi yang dihadapi. Program #MendekorBumi menjadi salah satu kegiatan positif sebagai solusi atas penurunan kualitas udara di kawasan perkotaan.

Peserta dan Karyawan PT. Mendekor Anugerah Indonesia Mendengarkan Materi Tentang Mangrove di Ekowisata Mangrove Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara.
Peserta dan Karyawan PT. Mendekor Anugerah Indonesia Mendengarkan Materi Edukasi tentang Mangrove yang Disampaikan oleh Perwakilan Kemangteer Jakarta. (Dokumentasi: Istimewa)

Aksi tersebut menjadi awal dari usaha untuk menumbuhkan rasa kepedulian masyarakat terhadap kerusakan alam dan pencemaran lingkungan. Hal ini ditandai dengan antusiasme donatur dan relawan yang terlibat dalam pelaksanaan pada hari itu. Antusiasme mereka patut diberi apresiasi tinggi atas kontribusi dalam melancarkan kegiatan penanaman ini.

Jumlah kuota volunteer yang dibuka hanya untuk 50 orang. Namun, dalam kurun waktu 24 jam peserta yang mendaftar mencapai lebih dari 200 orang. Fenomena seperti ini menjadi indikasi bahwa rasa kepedulian terhadap permasalahan lingkungan hidup di ibukota masih tinggi.

Pelajari lebih lanjut: Harapan Baru untuk Bedono, Reboisasi Pesisir Demak

Rangkaian acara #MendekorBumi diselipi dengan diskusi singkat mengenai hutan mangrove. selain itu, Mendekor juga memberikan marchandise yang berisi tanaman dan produk dari jagapati.com sebagai reward bagi peserta yang telah berpartisipasi.

Gambaran lokasi kegiatan #MendekorBumi paska penanaman mangrove
Lokasi Penghijauan #MendekorBumi di Kawasan Ekowisata Mangrove, Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara. (Dokumentasi: Istimewa)

Langkah sederhana ini berharap dapat menumbuhkan benih rasa kepedulian terhadap lingkungan dan manfaatnya bagi kehidupan. Yuk, kita bersama #MendekorBumi! (Erna Rosalina/LindungiHutan)