#HutanMerdeka: Mengenal Lebih Banyak Tentangnya

 

#HutanMerdeka-Dukung-Perjuangan-Mereka.jpg

Seputar #HutanMerdeka

 

Ada yang sudah tahu tentang project terbaru LindungiHutan? Yup #HutanMerdeka! Yuk kita cari tau lebih lanjut, apa sih #HutanMerdeka ini?

Simak percakapan antara Asri (A) dan Lestari (L) berikut ini:

L :Apa sih, #HutanMerdeka itu?

A :#HutanMerdeka adalah kampanye alam penanaman dan penyulaman hutan yang diinisiasi oleh LindungiHutan sebagai wujud apresiasi terhadap 45 PejuangHutan yang akan dilaksanakan pada Bulan Juni-Agustus 2019

L : Oh gitu, emang kegiatannya dilaksanain kapan?

A : #HutanMerdeka akan diselenggarakan di daerah dalam rentang Bulan Juni-Agustus 2019. Nah, setiap daerah mungkin bakal diadain pada tanggal yang berbeda menyesuaikan dengan kondisi lokasi penanaman.

L : Kenapa sih #HutanMerdeka itu ada?

A : Gerakan ini hadir sebagai ajakan kepada masyarakat untuk kembali peduli dengan hutan yang seringkali ada anggapan bahwa permasalahan hutan adalah komoditas sebagian pihak saja, seperti menganggap hutan mereka, padahal seharusnya #HutanMerdeka dimana hutan memiliki hak untuk didengar suaranya dan diperlakukan sama dengan masalah lainnya

L : Terus, gimana tuh konsep kegiatannya?

A : #HutanMerdeka akan dijalankan dengan mengangkat cerita 45 PejuangHutan dengan tujuan membangun kesadaran masyarakat luas untuk ikut terlibat. Pada hari pelaksanaan akan diisi dengan kegiatan penanaman dan penyulaman yang dikordinasi oleh para PejuangHutan dengan dihadiri para PembelaHutan yang dapat turut berpartisipasi dengan berdonasi dan ikut kegiatan.

L : Keren nih kegiatannya. By the way, PejuangHutan itu apa ya?

A : PejuangHutan adalah individu atau kelompok yang memanfaatkan waktu dan tenaganya untuk melakukan serangkaian kegiatan pelestarian hutan, mulai dari melakukan edukasi dan sosialisasi pentingnya hutan sampai dengan menjadi tokoh penghijauan di area konservasi.

L : Kalo PembelaHutan?

A : PembelaHutan adalah individu atau kelompok yang mendukung kampanye alam dengan memilih berdiri di belakang PejuangHutan, bersiap melanjutkan perjuangan mereka dengan membagikan ceritanya, ikut berdonasi guna kelancaran kegiatan, datang pada kegiatan atau memakai kaos #HutanMerdeka untuk mengajak masyarakat lebih luas

L : Wah, seru banget ya. Gimana caranya jadi bagian #HutanMerdeka ini?

A : Untuk membuat kampanye alam dan menjadi PejuangHutan dengan cara klik “Buat Kampanye” lalu isi kelengkapan data yang dibutuhkan. Lalu untuk menjadi PembelaHutan dengan cara akses lindungihutan.com/hutanmerdeka lalu pilih kampanye yang akan didukung kemudian dapat memilih donasi, beli merchandise atau klik gabung aksi biar bisa ikut datang pada hari penyelenggaraan.

 

#Hutan_PejuangHutan-Langsa.jpg
Foto: Aksi PejuangHutan di Kota Langsa saat #RawatBumi

Asri (A) adalah sosok yang berjuang untuk meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai fungsi hutan dan bahaya yang timbul akibat pembalakan liar yang terus terjadi. Ia mengikuti berbagai aktivitas penghijauan dan menyerukan semangat “Bersama Menghijaukan Indonesia” melalui media sosial serta mengajak teman, kolega dan keluarga untuk berpartisipasi bersama.

Sedangkan Lestari (L) merupakan sahabat dekat Asri (A), ia juga aktif dalam gerakan pelestarian alam dan hutan Indonesia. Kecintaannya terhadap lingkungan hidup berawal dari keprihatinan akan pengalihan fungsi kawasan hutan di desanya. Dia saat ini sedang belajar di luar negeri dalam bidang Ilmu Komputer terutama big data analysis. Lestari selalu mendukung upaya Asri menjaga kelestarian hutan dengan membagikan informasi seputar penghijauan dan mendukung pendanaan dari sebagian uang saku yang ia miliki.

Asri menggambarkan seorang PejuangHutan yang menjadi garda depan kegiatan pelestarian hutan. Dan Lestari adalah visualisasi PejuangHutan. Meskipun tidak mampu berbuat secara langsung atau keterbatasan waktu yang ia miliki, Lestari tidak henti memberikan dukungan bagi Asri.

Jangan lupa dukung #HutanMerdeka ya!

Ambil peran kamu sekarang sebagai PejuangHutan atau PembelaHutan

Tentang LindungiHutan

LindungiHutan adalah sebuah startup asal kota Semarang yang berfokus pada penggalangan dana dan gerakan pelestarian kawasan hutan. Visi LindungiHutan yaitu “Bersama Menghijaukan Indonesia” dan Misi untuk “Menanam sejumlah penduduk Indonesia pada 2020”. Relawan LindungiHutan saat ini telah tersebar di lebih dari 70 daerah dengan total 4.000 relawan terdaftar.

Blog LindungiHutan adalah media publikasi digital yang berisi tentang kegiatan, kampanye alam dan relawan LindungiHutan.

Kontributor : Erinda

Editor           : Nana