Kegiatan Yang Bisa Dilakukan Saat HPSN

Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN)

LindungiHutan.com, Semarang. Halo Sahabat, Selamat Hari Peduli Sampah Nasional !! Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) pertama kali ditetapkan pada tahun 2006 setelah terjadinya tragedi longsor sampah di TPA Leuwigajah, Cimahi, Jawa Barat pada tanggal 21 Februari 2005 yang merenggut 157 jiwa.

Sampah memang menjadi momok bagi lingkungan, termasuk di Indonesia. Indonesia sendiri menjadi peringkat dua setelah Cina dalam hal penghasil sampah plastik. Fakta tersebut ditambah adanya insiden Leuwigajah menjadi momentum untuk segera dicanangkannya HPSN di tahun berikutnya. Adanya hari peringatan ini juga menjadi pemicu supaya Indonesia dapat bersih dari sampah pada tahun 2020.

Nah ngomong-ngomong tentang HPSN, kami dari tim LindungiHutan sudah nyiapin kegiatan apa saja yang bisa Sahabat lakukan untuk ikut berkontribusi dalam HPSN hari ini, yuk disimak.

  1. Tidak Membuang Sampah Sembarangan

Jelas dong, ini kan hari bersih sampah, masa kita sebagai mahluk hidup yang memiliki akal dan nafsu malah asyik buang sampah sembarangan. Yuk yang masih punya kebiasaan buang sampah tidak pada tempatnya disudahi, malu sama bumi~

  1. Bawa Bekal Dari Rumah

Yuk mulai cara keren Sahabat dengan minum dari botol minum yang dibawa sendiri. Begitupula jika Sahabat hobi beli makanan take away, lebih baik kalian bawa bekal sendiri pakai kotak makan dari rumah lho. Membawa makanan sendiri dari rumah pun lebih sehat dan bergizi dibanding jajanan yang ditawarkan di tempat makan.

Foto: Rilis.id

  1. Tidak Belanja Pakai Kantong Plastik Sekali Pakai

Tas belanja plastik adalah salah satu polutan terbesar, dan mereka sangat sulit untuk didaur ulang. Baiknya selalu membawa tas belanjaan sendiri yang bisa digunakan berkali-kali, tote bag adalah salah satunya. Tas jenis ini simpel, tidak memakan banyak ruang, mudah dicuci, dan desainnya yang banyak di pasaran bisa dipilih sesuai gaya Sahabat.

  1. Ikut Kegiatan Peringatan HPSN

Biasanya di setiap kota ada kegiatan untuk memperingati HPSN lho Sahabat, baik yang diselenggarakan oleh pemerintah melalui dinas terkait atau yang diinisiasi oleh komunitas lingkungan di daerahmu. Coba dicek deh, kan siapa tahu bisa nambah relasi, nambah teman, dan siapa tahu menemukan jodoh, hoho~

kegiatan-lindungihutan-bersihkan-sampah-saat-hpsn.jpg

  1. Dukung Pemakaian Barang-barang Ramah Lingkungan

Saat ini sudah cukup banyak pelaku usaha yang mengedepankan prinsip eco-friendly, baik bahan maupun prosesnya. Untuk mewujudkan Indonesia Bebas Sampah 2020, ada baiknya kita mendukung usaha-usaha tersebut dengan cara membeli produknya, atau minimal menerapkan gaya hidup wasteless.

  1. Baca dan Sebarkan Artikel Ini

Last not but least, Sahabat bisa ikut berkontribusi dalam rangka HPSN dengan cara mengirimkan artikel ini ke keluarga dan teman-teman kalian. Biar apa? Biar admin naik gaji makin banyak yang tersadar dan terinspirasi lahhhh.

(Bonus)

  1. Tidak Ngapa-ngapain

Apalagi yang paling sempurna untuk melewati hari ini selain tidak melakukan apapun? Tidak makan, tidak kemana-mana, tidak perlu ngapa-ngapain, dan tidak buang sampah apapun.

Jadi, saran nomor berapa yang sudah Sahabat lakukan???

Tentang LindungiHutan

LindungiHutan adalah sebuah startup asal kota Semarang yang berfokus pada penggalangan dana dan gerakan pelestarian kawasan hutan. Visi LindungiHutan yaitu “Bersama Menghijaukan Indonesia” dan Misi untuk “Menanam sejumlah penduduk Indonesia pada 2020”. Relawan LindungiHutan saat ini telah tersebar di lebih dari 70 daerah dengan total 4.000 relawan terdaftar.

Blog LindungiHutan adalah media publikasi digital yang berisi tentang kegiatan, kampanye alam dan relawan LindungiHutan. (Kika/LindungiHutan)