Karakter Relawan yang Harus Dimiliki

Pada dasarnya kerelawanan bukanlah sebuah aspek yang ekslusif. Setiap individu yang mempunyai kepedulian dan kemauan untuk menolong orang lain dapat menjadi relawan. Maupun berkontribusi dengan mengerjakan suatu hal guna mempermudah atau memecahkan masalah yang dihadapi secara sukarela bisa terlibat kegiatan kerelawanan. Akan tetapi, seorang sukarelawan itu mempunyai karakter relawan tertentu.

Karyawan The Body Shop dan Tim LindungiHutan melakukan penanaman mangrove di pesisir Semarang
The Body Shop dan LindungiHutan Berkolaborasi dalam Penanaman Mangrove di Pesisir Kota Semarang, Jawa Tengah. (Dokumentasi: Istimewa)

7 Karakter Relawan

Saat organisasi dan lembaga hendak merekrut seorang volunteer, hendaknya mepertimbangkan karakter relawan berikut:

Pelajari lebih lanjut: Motivasi Menjadi Relawan, Ikhlas kah?

Visioner: Proyeksi akan masa mendatang

Visi dan misi organisasi memegang peranan penting karena mencerminkan tujuan yang hendak dicapai. Seorang relawan yang handal pasti lah mempunyai pandangan yang jauh ke depan. Karakter relawan yang visioner akan membentu kemajuan bagi perkembangan komunitas, organisasi dan lembaga yang menaungi.

Sikap visioner ini juga akan membantu dalam perencanaan program dan kegiatan dalam kelompok. Karena individu seperti ini cenderung mempunyai kemampuan untuk berpikir jangka panjang.

Komitmen: Keteguhan yang sulit digoyahkan

Komitmen menjadi karakter relawan yang wajib dimiliki.
Relawan LindungiHutan Berkolaborasi dalam Pelaksanaan Event HutanMerdeka di Tanah Laut, Kalimantan Selatan. (Dokumentasi: Istimewa)

Komitmen merupakan ketertarikan untuk melakukan sesuatu dengan tanpa paksaan. Komitmen yang ditunjukkan oleh seorang relawan bukan sekedar mengikuti event tertentu. Lebih dari itu, relawan yang memiliki komitmen pada organisasi atau komunitas senantiasa berperan aktif di setiap aktivitas selama tidak berbenturan dengan kepentingan yang lebih besar.

Semakin besar rasa komitmen yang dipegang oleh seseorang, semakin aktif partisipasi yang ia ikuti. Komitmen ini akan terlihat jelas ketika ia menghadapi masa sulit, pertentangan dan konflik yang timbul.

Kredibilitas: Karakter relawan yang dipertanyakan

Nama baik sebuah organisasi menjadi pertaruhan yang diberikan pada program kerelawanan. Sehingga relawan yang berperan serta menyandang nama lembaga di kegiatan yang ia ikuti memegang kewajiban untuk menjaga nama baik ini.

Agar dapat dipercaya dan diandalkan dalam memegang tanggung jawab tertentu, integritas dan rekam jejak (track record) seseorang memerankan peranan penting guna mencegah sengketa di kemudian hari.

Kreativitas: Daya cipta di luar kewajaran

Relawan LindungiHutan Makassar Mengadakan Lomba Mewarnai bagi Anak-anak di Makassar, Sulawesi Selatan.
Relawan LindungiHutan Makassar Mengadakan Lomba Mewarnai bagi Anak-anak di Makassar, Sulawesi Selatan. (Dokumentasi: Istimewa)

Apa yang dimaksud dengan kreativitas?

Kreativitas adalah suatu kemampuan yang dimiliki individu atau kelompok yang memungkinkan mereka untuk melakukan terobosan atau pendekatan dalam memecahkan masalah dengan cara yang berbeda.

Dalam perspektif lain, daya kreatif merupakan kemampuan seseorang untuk menciptakan sesuatu yang baru, baik berupa gagasan maupun karya nyata yang relatif berbeda dengan apa yang telah ada. Kreativitas adalah kemampuan berpikir tingkat tinggi yang mengimplikasikan terjadinya eskalasi dalam kemampuan berpikir, ditandai oleh suksesi, diskontinuitas, diferensiasi, dan integrasi antara tahap perkembangan.

Pelajari lebih lanjut: Pengertian Relawan, Definisi dan Pendapat Ahli

Penjelasan yang lebih umum yaitu seni berpikir out of the box. Dengan menemukan inspirasi baru, seorang relawan yang mempunyai kreativitas tinggi akan menemukan solusi bagi permasalahan yang dihadapi. Bukan sekedar memecahkan masalah, ia cenderung mengambil langkah yang lebih efektif, efisien, mudah dan memiliki risiko terendah.

Kompatibilitas: Kemampuan adaptasi dan kerja sama

Relawan LindungiHutan Jogja pada RawatBumi di Lereng Gunung Merapi
Relawan LindungiHutan Jogja dan Peserta gabung Aksi pada RawatBumi di Lereng Gunung Merapi, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. (Dokumentasi: Istimewa)

Kompatibitas adalah kompetensi seseorang dalam menyesuaikan diri dan berkolaborasi dengan orang lain. Ciri khas individu yang mempunyai kompatibilitas tinggi yaitu ia dapat dengan mudah diterima dalam komunitas relawan. Hal ini karena relawan tersebut memiliki kecocokan dan kepatuhan dengan nilai, tujuan, visi-misi yang dipegang oleh organisasi sebagaimana telah tertanam dalam komunitas yang dinaungi.

Tingkat kompatibilitas masing-masing orang berbeda-beda. Dan merupakan keharusan bagi lembaga guna memberikan perhatian yang lebih kepada relawan yang mengalami kesulitan dalam beradaptasi dan berkolaborasi dengan lainnya.

Kapabilitas: Karakter relawan menyangkut skill dan pengetahuan

Kapabilitas yaitu keterampilan dasar yang dibutuhkan seseorang untuk menjalankan peran dan fungsi tertentu. Kapabilitas mengandung pemaknaan yang mirip dengan “kemampuan”. Sehingga seorang dikatakan mempunyai kapabilitas ketika ia memiliki kemampuan dalam bidang-bidang atau aspek yang dinilai.

Pelajari lebih lanjut: Cegah Abrasi Semakin Meluas, Relawan LindungiHutan Ikut Tanam Mangrove di Ketapang

Kemampuan fundamental yang menjadi karakter relawan yang harus dimiliki yakni nalar yang logis dan sistematis, serta berkaitan dengan skill dan pengetahuan minimum agar peran yang ia jalankan terpenuhi.

Kapasitas: Potensi dan intuisi

Kapasitas yakni potensi kapabilitas maksimum seseorang yang tergambar dalam memecahkan masalah, mengakomodir pekerjaan dan tanggung jawab yang dibebankan, dan semisalnya. Kapasitas ini menunjukkan apakah memungkinkan untuk meningkatkan kecakapan dan keahlian seorang relawan.

Relawan yang mempunyai kapasitas tinggi cenderung bisa menyelesaikan tugas yang berat dengan sukses dan tetap menjaga kualitas.

Karakter Relawan: Kapasitas dan Kapabilitas
Salah Seoarang Relawan LindungiHutan pada Kegiatan Penghijauan di Toraja Utara, Sulawesi Selatan. (Dokumentasi: Istimewa)

Karakter-karakter tersebut bukan hanya harus dimiliki seorang yang terlibat dalam kegiatan kerelawanan. Lebih dari itu, 7 sifat diatas dapat menjadi pertimbangan bagi organisasi atau lembaga untuk menyeleksi calon relawan. (Muhammad Nana Siktiyana/LindungiHutan)