Kang Maman: Bersepeda Untuk #1km1pohon Di Bumi Parahyangan

Kang Maman: Bersepeda Untuk #1km1pohon Di Bumi Parahyangan

Kang Maman, begitu ia biasa dipanggil. Nama lengkapnya Mohamad Rahman Sulaeman, asli Bandung. Pria 21 tahun ini mengejutkan tim LindungiHutan pada 12 Desember lalu setelah mengatakan akan ikut acara puncak Harapan Hutan, sebuah perayaan ulangtahun kedua Yayasan LindungiHutan, pada Minggu, 16 Desember, dengan bersepeda.

Apa istimewanya bersepeda ke acara perayaan ulangtahun Yayasan yang fokus di bidang rehabilitasi hutan ini? Mungkin di tempat lain ada yang bersepeda lebih jauh dari jarak Bandung-Semarang, tapi bagi kami apa yang dilakukan Kang Maman begitu haru dan emosional.

Foto: Kang Maman berangkat ke Semarang

Kami adalah sebuah platform pelestarian lingkungan dan rehabilitasi hutan dengan mengedepankan teknologi Internet of Things (IoT). Selama 2 tahun berdiri, sudah 70 kampanye penanaman dengan lebih dari 28.000 bibit tertanam di berbagai daerah di Indonesia yang diakomodir melalui website www.lindungihutan.com. Tetapi tidak ada yang menjadi kado terindah bagi kami selain mengetahui ada seseorang seperti Kang Maman yang begitu semangat mengayuh sepeda lebih dari 400 km untuk mengikuti penanaman 11.000 mangrove di Mangunharjo, Semarang.

Bersepeda santai kami pernah mendengarnya, Bersepeda menuntut keadilan pernah kami membacanya, Bersepeda untuk apa yang kita rintis, tentu ini hal luar biasa bagi kami.

Foto: Kang Maman di acara Harapan Hutan

Berangkat dari tanggal 13, Kang Maman sampai di Semarang tanggal 15 malam. Dengan napas terenggah-enggah, ia kami sambut di kantor kami di Jalan WR. Supratman 58, Manyaran, Semarang Barat. Perjalanan sejauh itu, dengan cuaca yang sudah masuk musim hujan dan waktu yang terbatas tentunya menjadi tantangan tersendiri baginya, dan alhamdulillah ia mampu melaluinya.

Ketika kami bertanya apa motivasi terbesarnya hingga terkesan enteng saja mengayuh sejauh itu, ia menjawab bahwa ia ingin bersepeda dari Bandung-Semarang-Bali-Bandung kurang lebih 2.000 km untuk menyadarkan dan memberi motivasi pada teman-teman semua bahwa lingkungan sudah semakin rusak. Kegiatan yang kita lakukan sehari-hari membuat bumi semakin sulit untuk memperbaiki dirinya sendiri.

Pria kelahiran 25 Januari 1997 ini mulai bersepeda sejak 2017 lalu, dan beberapa kali mengikuti touring sepeda ke beberapa tempat di Jawa Barat dirasanya hanya main-main saja. Hingga suatu hari pria jebolan DKV ini ikut bergabung menjadi relawan LindungiHutan, ia merasa bahwa bisa berbuat sesuatu yang beda dan menggabungkan kedua hobinya itu.

Foto: Kegiatan gowes Kang Maman

Hario Laskito Ardi, CEO LindungiHutan.com mengungkapkan apresiasinya terhadap Kang Maman. Ia sangat bahagia ada orang seperti Kang Maman yang jauh-jauh bersepeda ke Semarang untuk mengikuti penanaman 11.000 mangrove pada acara Harapan Hutan di Mangunharjo, Mangkang. Mas Hario mengira yaudah setelah itu Kang Maman akan pulang ke Bandung lagi, tapi ternyata bablas sampai Bali.

Setelah berdiskusi dengan Mas Ben (CMO) dan Mas Chashif (CTO), mereka sepakat mengangkat cerita Kang Maman menjadi sebuah kampanye bertajuk #1km1pohon. Idenya sederhana, bagaimana jika ada seorang pemuda yang mengayuh sepedanya dari Bandung menuju ke Bali lalu kembali Ke Bandung melalui jalur yang berbeda dengan misi mengajak masyarakat agar bersama menghijaukan Bumi Bandung, menghijaukan Indonesia, menghijaukan Dunia?

Foto: Beberapa kota yang disinggahi Kang Maman dalam perjalanannya ke Bali

Kang Maman ingin kegiatan gowes-nya berimbas positif juga untuk lingkungan. Oleh sebab itu melalui kampanye #1km1pohon ini ia mengajak siapapun dimanapun untuk ikut serta melakukan rehabilitasi hutan di Indonesia. Setiap 1 kilometer jarak yang ditempuh dengan bersepeda, akan disubstitusi dengan penanaman 1 bibit pohon yang akan ditanam di Gunung Puntang dan beberapa tempat lain di Bandung. Kampanye ini bisa diakses dan diikuti dengan donasi maupun gabung aksi melalui website lindungihutan.com.

Kabar bahagianya, setelah menempuh perjalanan selama kurang lebih 600 km, Kamis, 27 Desember lalu, Kang Maman sampai di Pulau Dewata. Ia membagikan kabar bahagia tersebut kepada Tim LindungiHutan melalui pesan whatsapp setelah sembilan hari ia bersepeda dari Semarang menuju Bali.

Rencananya Kang Maman akan berada di Bali hingga tanggal 4 Januari sebelum bertolak kembali ke Bandung. Diperkirakan Kang Maman akan sampai Bandung tanggal 24 Januari. Perjalanannya bisa dikepoin dari akun Facebooknya di Mohamad Rahman atau Instagramnya di mamen99r.

Foto: Kang Maman sudah sampai Bali lhoo

Oya, ngomong-ngomong Kang Maman jomblo kok, hehe. Siapa tahu dari perjalanan Kang Maman kali ini ia akan bertemu jodohnya juga, hohoho.. Jadi jangan lupa disambut dengan hangat ya.. Nuhun sadayana, sampurasun. (Kika)

Leave a Reply