Hutan Indonesia Dapat Menjadi Solusi Masa Depan Dunia

Negara dengan lambang Burung Garuda yang merupakan negara kepulauan terbesar di dunia yang terdiri dari 13.466 pulau yaitu Indonesia memiliki wilayah luas yang sebagiaan besarnya merupakan hutan tropis yang menyimpan energi bagi kelestarian bumi dimasa mendatang.

Hutan tropis adalah suatu bentuk ekosistem yang umumnya terdapat di daerah yang memiliki curah hujan lebih dari 200 cm per tahun. Hutan ini merupakan vegetasi yang paling kaya, baik dalam arti jumlah jenis makhluk hidup yang membentuknya, maupun dalam tingginya nilai sumberdaya lahan seperti tanah, air, serta cahaya matahari yang dimilikinya. Hutan Tropis sendiri terdapat di wilayah Asia Selatan, Asia Tenggara, Australia bagian Utara, Sebagian besar wilayah Afrika, Kepulauan Pasifik, Amerika Tengah dan sebagian besar wilayah Amerika Selatan. Luas dari hutan ini ialah 30% dari keseluruhan luas wilayah di permukaan bumi.

Daerah yang kaya akan flora dan fauna ini memiliki peran vital bagi bumi diantaranya adalah menjadi penyeimbang ekosistem di seluruh dunia. Manfaat hutan tropis yang relatif sangat luas, ekosistem dan habitat-habitat alami dari berbagai jenis flora dan fauna akan selalu terjaga dengan baik. Hal ini sangat baik dan juga sangat berguna untuk keseimbangan alam secara keseluruhan yang ada di bumi.

Selain itu Hutan ini merupakan penyuplai oksigen terbesar di bumi. Hampir 80% suplai oksigen di seluruh dunia berasal dari kawasan hutan hujan tropis. Hal ini disebabkan karena hutan hujan tropis memiliki banyak sekali pohon-pohon yang melakukan proses fotosintesis, sehingga mereka melepaskan oksigen ke udara dalam jumlah yang sangat banyak.

Tak sampai disitu saja manfaat lainnya ialah Sebagai daerah resapan air dan menjaga siklus air, Mencegah banjir dan bencana alam lainnya serta menyimpan banyak potensi energi mikrobiologi yang sangat diperlukan dunia.

Energi mikrobiologi disebut sebagai generasi kedua dan ketiga sumber energi dunia. Energi mikrobiologi hanya dapat ditemukan di hutan hujan tropis dari keanekaragaman hayati. Sebagai Negara dengan Hutan tropis yang sangat luas, Hutan Indonesia berpotensi menjadi solusi masa depan dunia. Karena menurut riset, di masa depan mikroba akan menjadi sumber pangan dunia.

Dengan potensi besar yang mampu menjadi masa depan dunia, marilah kita bersama-sama melestarikan dan menjaga hutan Indonesia dari ancaman bahaya seperti yang sering terjadi yaitu kebakaran dan penebangan liar. Karena jika tak dirawat dengan baik, hal ini dapat mengganggu eksistensi bumi dimasa depan.