Harapan Hutan Kendal, Harapan Kita Semua

Harapan Hutan Kendal, Harapan Kita Semua

LindungiHutan.com, Semarang. Pantai Kartika Jaya merupakan sumber arus ombak air utama sebelum pemukiman warga di pesisir Patebon, Kabupaten Kendal. Pantai tersebut juga dekat dengan tambak budidaya milik warga yang merupakan poros utama ekonomi warga setempat.

Ketua Kelompok Pusat Pemberdayaan dan Pelayanan Masyarakat Pesisir (P3MP), Wasito menambahkan bahwa Pantai Kartika Jaya selain menjadi sarana rekreasi, juga sering dimanfaatkan masyarakat untuk mengambil beberapa hasil laut ataupun memancing. Sayangnya, Pantai Kartika Jaya mengalami abrasi cukup parah selama dua tahun terkahir, oleh karena itu Yayasan LindungiHutan berinisiatif untuk melakukan penanaman mangrove di wilayah tersebut.

Kegiatan penanaman ini dihimpun dalam sebuah proyek bernama “Harapan Hutan”, sebuah perayaan ulangtahun kedua dari Yayasan LindungiHutan, sebuah yayasan yang concern membuat inovasi teknologi dan pemberdayaan masyarakat untuk pelestarian hutan Indonesia. Dan pada Harapan Hutan perdana ini, LindungHutan bekerjasama dengan CSR PT. Kayu Lapis Indonesia dalam hal penyediaan bibit mangrove yang akan ditanam pada saat acara.

Sebanyak kurang lebih 5000 bibit mangrove jenis Rhizopora ditanam pada Minggu, 2 Desember 2018 lalu oleh 300an peserta dari berbagai kalangan, meliputi perwakilan Bupati Kendal, Relawan LindungiHutan Kendal, siswa SMA, komunitas Suket Teki, GIBAS Resort Kendal, Ikatan Mahasiswa Kendal, ARMAPALA Kendal, dan juga diliput oleh Liputan Kendal Terkini (LKT) dan Tribun Jateng.

Aminul Ichsan, Account Executive LindungiHutan yang menjadi penanggung jawab kegiatan pada hari ini menyatakan bahwa acara Harapan Hutan Kendal berjalan dengan lancar.

“Saya selaku perwakilan dari LindungiHutan merasa bahagia karena peserta penanaman hari ini sangat antusias. Rata-rata dari mereka memang berdomisili Kendal sehingga kegiatan ini semacam bukti bakti mereka pada kepada tanah kelahirannya. Kegiatan ini juga harapannya dapat membuka jaringan dan kerjasama lebih luas lagi antara LindungiHutan dengan instansi, organisasi, maupun komunitas terkait pelestarian lingkungan di Kendal.”

Wah, semoga melalui kegiatan Harapan Hutan ini dapat menghijaukan pesisir Pantai Kartika Jaya dan juga pesisir-pesisir pantai di Indonesia lainnya ya!! (Kika)

Leave a Reply