Hal Sederhana Untuk Membuat Kantormu Lebih Ramah Lingkungan

LindungiHutan.com, Semarang. Sahabat ada yang sudah bekerja? Bagaimana kondisi tempat kerja kalian? Sebagai orang yang peduli lingkungan, ada banyak hal loh yang bisa dilakukan untuk menunjukkan kepedulian terhadap bumi, dimulai dari kantormu.

Apa saja? Berikut adalah beberapa hal sederhana yang bisa kalian lakukan untuk membuat perubahan, demi kantor yang lebih “hijau” lagi !!

  1. Gunakan kertas secara bolak-balik

Menggunakan kedua halaman pada kertas membantu mengurangi pemakaian produk olahan kayu. Selain dengan menghemat ruang pada kertas, cara lainnya adalah dengan tidak langsung membuang dokumen-dokumen yang tidak terpakai lagi. Kertas-kertas tersebut biasanya menyisakan halaman belakang yang kosong, sehingga masih bisa dipakai lagi.

Caranya, beri tanda silang pada halaman yang telah terisi tulisan untuk menandakan bahwa halaman belakang kertas tersebut masih dapat digunakan. Hal ini bisa kalian terapkan saat membuat konsep atau mencetak draf dokumen.

 

  1. Batasi penggunaan listrik

Listrik pada dasarnya merupakan energi yang dihasilkan dari pengubahan energi lain, misal energi batubara atau air. Oleh karena itu dengan menghemat listrik, berarti kita ikut menghemat sumber daya alam secara tidak langsung.

Foto: Merdeka

Caranya, kalian bisa mematikan lampu di ruangan kantormu yang sedang tidak dipakai. Atau gunakan air conditioner (AC) pada suhu ruangan yaitu 24-25oC. Kemudian saat hendak pulang, jangan lupa untuk mencabut charger atau kabel yang terhubung dengan perangkat elektronik yang sudah tidak lagi kamu gunakan.

 

  1. Bawa tumbler sendiri

Meskipun di kantor biasanya disediakan gelas untuk minum, tapi ada baiknya membawa tempat minum sendiri. Selain untuk antisipasi misal kehabisan gelas atau gelasnya tertukar, dengan membawa tumbler kalian akan mengerem keinginan untuk beli minuman kemasan di luar. Sudah ramah lingkungan, hemat pula, hehe.

Dan jika kalian sudah kenyang minum, daripada membuang airnya ke saluran pembuangan, kalian bisa menggunakannya untuk menyiram tanah atau tanaman yang ada disekitar ruanganmu.

Foto: Jambutri

 

  1. Bawa lunch box sendiri

Nah, selain tumbler, kalian juga bisa bawa bekal sendiri dari rumah lho. Membawa makanan sendiri dari rumah pun lebih sehat dan bergizi dibanding jajanan yang ditawarkan di tempat makan. Hal ini juga bisa membuat skill memasakmu meningkat lho.

Selain itu, jika membawa bekal sendiri, ada kesempatan buat tukar-menukar bekal bareng teman sekantor (kayak pas masih sekolah dulu ya?). Yang seperti ini juga akan membuat suasana kantor menjadi lebih akrab dan menyenangkan.

 

  1. Bawa totebag

Semenjak ada peraturan pemerintah yang melarang penggunaan kantong plastik sekali pakai di pusat perbelanjaan dan adanya kantong plastik berbayar, penggunaan totebag semakin dikenal oleh masyarakat. Saat ini totebag jadi salah satu item hits pengganti kantong plastik sekali pakai. Selain ukuran dan modelnya beragam, bisa dilipat sehingga menghemat ruang, bisa dicuci pula.

Foto: @martakusumaningtyas/LH

Sekarang ada banyak yang menjual totebag kece dengan warna, ukuran, dan model beragam. Oya, kalian bisa lho berdonasi pohon tapi dapat totebag, coba klik disini.

 

  1. Bawa sapu tangan

Sama dengan kertas, tisu merupakan benda yang cukup sering digunakan di kantor untuk membersihkan noda atau mengeringkan air. Alangkah baiknya jika kalian mengubah kebiasaan tersebut dengan membawa sebuah sapu tangan. Selain kedua fungsi tersebut, sapu tangan dapat digunakan untuk berbagai keperluan misalnya sebagai masker penutup hidung saat berkendara untuk menghindari debu dan asap.

 

  1. Rawat tanaman hidup

Foto: Shopback

Bosan dengan pemandangan di meja kerjamu? Cobalah menambahkan hijauan kecil seperti kaktus, bambu hias atau tanaman indoor lainnya yang dapat kamu letakkan di meja. Tanaman ini akan membuat suasana di sekitar ruanganmu lebih segar dan juga indah dipandang mata.

 

Jadi, sudah lakukan yang nomo berapa Sahabat?? (Kika)

Referensi: Greeners