Ebook Gratis Bahasa Indonesia: #KurangiKertas

Ilustrasi Buku
Buku telah menjadi bagian hidup manusia yang tidak dapat dipisahkan. (Dokumentasi: Pixabay.com)

Buku telah menjadi bagian penting dalam proses pendidikan dan pengajaran. Bukan sekedar sebagai alat pembelajaran di sekolah atau kampus, peranan buku sangat penting untuk dalam kehidupan sehari-hari. Bahkan, pepatah terkenal menyebutkan bahwa “Buku adalah jendela dunia”. Seiring kemajuan teknologi serta bertumbuhnya kesadaran akan penggunaan kertas yang dinilai kurang ramah lingkungan, buku elektronik atau ebook menjadi pilihan karena mengurangi pemakaian kertas yang berasal dari pohon. Selain itu, berbagai ebook gratis banyak tersebar di dunia maya.

Pelajari lebih lanjut: 4 Inovasi Ramah Lingkungan Anak Bangsa

Ebook gratis menjadi primadona karena mudah diunduh dengan cuma-cuma. Berbagai situs menawarkan ebook dari berbagai penjuru dunia. Dan ini lah website penyedia ebook gratis yang dapat kamu manfaatkan untuk memperluas wawasan.

Download Ebook Gratis (Dunia Download)

Dunia Download - Download Ebook Gratis
Tampilan utama situs Dunia Download – Download Ebook Gratis. (Dokumentasi: Istimewa)

Situs ini merupakan penyedia ribuan ebook gratis dalam bahasa Indonesia. Dunia Download menawarkan ebook tanpa berbayar dan tidak perlu mendaftar. Kamu akan menemukan topik yang beraneka ragam dari bisnis, novel, resep makanan, komputer, pariwisata, komik, SEO, trik sulap dan yang lainnya.

Kamu juga dapat menjadi seorang kontributor dengan mengunggah karya tulismu di website Dunia Download. Disamping menyediakan ebook gratis, penyedia layanan kerap mengadakan undian berhadiah buku. Jika terpilih sebagai pemenang, buku original akan dikirimkan ke alamat rumahmu.

BSE Kemdikbud

Download Ebook Gratis di Buku Sekolah Elektronik Kemdikbud
Situs Buku Sekolah Elektronik (BSE) Kemdikbud. (Dokumentasi: Istimewa)

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) beberapa tahun silam merilis program Buku Sekolah Elektronik (BSE). Tujuan dari program ini yaitu mempermudah akses siswa, wali dan guru dalam memperoleh bahan pembelajaran. Dengan mengakses situs resmi kemdikbud, kamu bisa download ebook yang tersedia sebagai pegangan dalam belajar. Materi yang tersedia cukup lengkap dari jenjang Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Atas/Kejuruan (SMA/K).

Buku Elektronik LIPI

Download Ebook Gratis melalui Buku Elektronik LIPI
Halaman Utama Webpage Buku Elektronik LIPI. (Dokumentasi: Istimewa)

Kalau kamu sedang mencari buku referensi untuk melengkapi tugas kuliah atau skripsi, alangkah baiknya kamu mengunjungi situs yang dikelola oleh LIPI. Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menawarkan ribuan buku elektronik yang bisa kamu unduh kapanpun. Disamping literatur berbahasa Indonesia yang mudah dipahami, kamu juga tidak perlu membayar sepeserpun untuk mengunduh ebook di situs ini.

Indonesia Ebook (Ebook Gratis dari Penulis Terkenal)

Download Ebook Gratis di situs Indonesia Ebook
Temukan Ribuan Novel dan Buku Elektronik di Indonesia Ebook. (Dokumentasi: Istimewa)

Bingung mau baca novel apa hari ini? Indonesia Ebook merupakan website yang menarik untuk kamu kunjungi. Berbagai karya anak bangsa bisa kamu unduh dengan mudah dan gratis disini. Tidak hanya novel, Indonesia Ebook juga berisi buku-buku fiksi dan non-fiksi dalam format digital lain. Jika kamu jeli, diantara berbagai tulisan yang ada terdapat pula buku best-seller yang terkenal di pasaran. Dan ebook terjemahan juga dapat kamu download gratis.

Pelajari lebih lanjut: Bantu Mak Jah Cegah Abrasi di Pesisir Demak

Google Books

Antarmuka Google Books Bahasa Indonesia
Antarmuka Google Books dalam Bahasa Indonesia. (Dokumentasi: Istimewa)

Google telah lama dikenal sebagai raksasa mesin pencari selama belasan tahun terakhir. Akan tetapi, raksasa teknologi asal Amerika Serikat tersebut tidak berhenti berinovasi dalam pengembangan layanan. Google menginisiasi sebuah mesin pencari untuk menelusuri buku. Layanan yang dinamakan Google Books mendorong kemudahan bagi kita guna menemukan buku dengan mudah. Prinsip utama Google Books pun sama seperti Google Search Engine dengan cukup menuliskan kata kunci semisal judul buku, nama penulis, tahun terbit atau topik terkait. Sebagian ebook memang berbayar, namun tidak jarang eboo gratis yang ditemukan beredar. Google Books tersedia dalam versi web yang bisa diakses menggunakan browser dan aplikasi smartphone.

Perpustakaan E-Book

Perpustakaan E-Book
Perpustakaan E-Book, Dapatkan Ebook Bahasa Indonesia dengan Mudah. (Dokumentasi: Istimewa)

Situs Perpustakaan E-Book bertujuan untuk membangun bangsa, mencerdaskan anak-anak masa kini dan generasi yang akan datang. Website tersebut memberikan buku-buku digital berbahasa Indonesia dengan beragam topik bacaan. Sayangnya, ketika artikel ini dimuat Perpustakaan E-Book tidak lagi melakukan update ebook yang ditawarkan.

Pelajari lebih lanjut: Motivasi Menjadi Relawan, Ikhlas kah?

Itu lah beberapa website penyedia layanan ebook gratis yang dapat kamu manfaatkan. Jangan lupa untuk terus berupaya mengurangi pemakaian kertas yang tidak perlu. Sudah tiba waktunya kita #KurangiKertas untuk masa depan tak terbatas. (Muhammad Nana Siktiyana/LindungiHutan)