Relawan LindungiHutan Padang Dukung Pariwisata

LindungiHutan.com, Semarang. Negara Indonesia memiliki banyak potensi wisata dalam berbagai bentuk. Tetapi sayangnya banyaknya pariwisata yang ada juga diimbangi dengan banyaknya permasalahan sampah di lokasi wisata.

Dukung Penguatan Potensi Pariwisata, Relawan LindungiHutan Padang Ikut Bersih Sungai Batang Arau

Penguatan standard Travel and Tourism Competitiveness Index (TTCI) Indonesia terus dilakukan. Salah satunya dengan bersih-bersih sampah yang melibatkan lintas sektoral. Salah satunya yang diinisasi oleh enam BUMN yaitu Bank Rakyat Indonesia (BRI), Pegadaian, Telkom Indonesia, Pertamina, Angkasa Pura II, hingga Pelindo II. Objeknya adalah Sungai Batang Arau di Padang, Sumatera Barat.

foto: indopos

“Sungai Batang Arau adalah aset kita bersama. Kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian kita untuk mendorong kawasan ini menjadi destinasi wisata yang indah dan bebas sampah. Ada banyak manfaat jika sungai bersih. Aktivitas pariwisata akan tumbuh di sekitar Sungai Batang Arau. Sehingga bermuara terhadap peningkatan jumlah kunjungan wisatawan dan meningkatnya ekonomi masyarakat di kawasan ini ke depan” ungkap Komisaris Utama Bank Rakyat Indonesia (BRI) Andrinof Chaniago.

Program ini mendapat respon besar dari masyarakat. Dari target keikutsertaan 150 orang, aktivitas sosial ini mampu menarik sekitar 1.000 peserta. Para relawan ini berasal dari berbagai latar belakang. Salah satu kelompok relawan yang ikut berasal dari relawan LindungiHutan Padang.

“Kita dari LindungiHutan Padang senang bisa ikut serta dalam acara ini, karena sungai ini merupakan salah satu ikon kota Padang. Jika sungai ini bersih, banyak aktivitas yang bisa dikembangkan disini. Bisa kuliner, persewaan perahu, berlayar, foto-foto, atau yang lainnya” komentar salah satu relawan.

Aksi Relawan LindungiHutan Padang Ikut Bersihkan Sungai Arau

foto: BWS Sumatera V

Aksi peduli lingungan di Sungai Batang Arau ini juga mendapatkan apresiasi dari Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya.

“Kegiatan ini harapan saya bisa dicontoh di daerah-daerah lain di seluruh Indonesia. Karena semua bergerak bersama, Indonesia Incorprated, Pentahelix Model, kolaborasi serempak dari ABCGM – Academician, Business, Community, Government dan Media,” katanya.

Berdasarkan pantauan, untuk kegiatan bersih-bersih sungai kali ini secara signifikan mampu merubah Sungai Batang Arau menjadi lebih bersih bebas dari sampah dibanding sebelum dibersihkan. (Kika)

Referensi: Benteng Sumbar, CNN Indonesia