Bisnis Ramah Lingkungan? Kenapa Tidak??

Lindungihutan.com, Semarang. Kondisi lingkungan yang semakin memburuk seperti saat ini membuat usaha-usaha berbasis teknologi ramah lingkungan mulai muncul sebagai salah satu solusi. Berbagai ide kreatif dan inovatif pun bisa berubah menjadi sebuah peluang bisnis yang menjanjikan.

Berikut adalah beberapa hal yang bisa dilakukan untuk membuat bisnis yang tidak hanya menghasilkan uang, tapi juga turut menjaga kelestarian bumi:

 

Pemanfaatan Limbah

Foto: Bisnisumkm

Jika membahas pengolahan sampah, mungkin Anda sudah tidak asing lagi dengan istilah Reduce, Reuse, dan Recycle. Namun, apakah Anda sudah menerapkannya pada kehidupan Anda? Dengan mengurangi, memanfaatkan ulang, dan mengolah kembali sampah, Anda telah melakukan aksi ramah lingkungan yang nyata.

Ini juga menunjukkan bahwa tidak semua sampah merugikan karena jika menanamkan prinsip 3R tersebut, Anda bisa mengubah sampah menjadi sebuah peluang bisnis yang menguntungkan. Jenis limbah yang bisa digunakan pun sangat beragam, mulai dari sampah plastik, kertas, logam, hingga beberapa jenis sampah organik seperti tulang ikan hingga humus dari hewan. Itu semua tergantung pada kreativitas dan motivasi Anda dalam melakukan bisnis yang ramah lingkungan.

 

Optimalkan Penggunaan Energi Terbarukan

Foto: Elshinta

Sejauh ini, penggunaan energi terbarukan di Indonesia baru di angka 6,3 persen dari total penggunaan energi nasional.

Padahal menurut laporan Internasional Energy Agency (IEA), Indonesia memiliki potensi tenaga air sebesar 75 gigawatts (GW), dan potensi tenaga panas bumi global. Itu sebabnya sekarang saat yang tepat bagi pengusaha untuk mengembangkan energi terbarukan.

 

Tempat Usaha Ramah Lingkungan

Foto: Rumah.com

Penting untuk Anda yang sudah memiliki bisnis dalam skala besar agar memperhatikan pula tempat yang Anda gunakan. Untuk menerapkan pola bisnis ramah lingkungan, Anda juga bisa memulainya dengan tempat usaha ramah lingkungan.

Apa saja yang Anda perlukan? Berikut tips sederhananya. Tempat usaha ramah lingkungan yaitu bisa dari segi bangunan gedung yang tidak menggunakan material kimiawi. Agar membuat tempat usaha Anda lebih sehat dan nyaman usahakan memiliki pepohonan atau tanaman hias yang dapat memberikan oksigen pada lingkungan kerja Anda. Selain itu, perbanyak ventilasi udara agar udara bersih dan cahaya matahari mudah masuk. Gedung atau tempat usaha yang Anda jalani juga sebaiknya menggunakan energi matahari atau solar panel agar listrik yang digunakan lebih hemat dan ramah lingkungan. (Kika)

 

Sumber: DBS