Bintraco Dharma untuk 1.500 Pohon kepada Alam

Penanaman Bersama Bintraco Grup di Bedono, Demak
Penanaman 1.500 Pohon Bersama PT Bintraco Dharma Tbk di Bedono, Demak (Dok.LindungiHutan)

SEMARANGPT Industri dan Perdagangan Bintraco Dharma Tbk sebagai perusahaan induk yang bergerak di berbagai bidang otomotif, telah selesai melaksanakan penanaman mangrove bersama dengan Relawan LindungiHutan. Aksi yang dilaksanakan pada tanggal 7 Februari 2020 tersebut, sukses menjaring 50 peserta dengan 1.500 bibit pohon mangrove tertanam. Aksi penanaman dilaksanakan di Dusun Senik, Desa Bedono, Kecamatan Sayung, Kabupaten Demak.

Lihat lebih banyak : Sekilas Bintraco

PT Industri dan Perdagangan Bintraco Dharma Tbk (PT Bintraco Dharma Tbk atau ‘Bintraco’; IDX: CARS) merupakan perusahaan induk yang bergerak di bidang otomotif dengan membawahi berbagai bidang usaha seperti diler Nasmoco Toyota, pembiayaan Andalan Finance, distributor suku cadang Meka Adipratama, pembengkelan CARfix serta e-commerce CARSWORLD.

Penanaman yang bertajuk ‘Dari Bintraco Grup untuk Alam’, merupakan salah satu bentuk kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) Bintraco di bidang environment yang pertama kali dilaksanakan pada tahun 2020. Setelah sebelumnya, di bidang health dan education terdapat kegiatan pengabdian serupa yaitu donor darah dan pengembangan pendidikan di Indonesia.

Direktur PT Bintraco Dharma bersama dengan CEO LindungiHutan
Direktur PT Bintraco Dharma Tbk bersama dengan CEO Yayasan LindungiHutan (Dok.LindungiHutan)

Kegiatan penanaman yang sekaligus dihadiri oleh Direktur PT Bintraco Dharma Tbk, Joko Tri Sanyoto bersama dengan segenap karyawan Bintraco, dianggap penting untuk dilaksanakan karena mengingat pencemaran lingkungan kerap terjadi belakangan ini, sehingga langkah pelestarian harus dilakukan selaras, agar pencemaran yang terjadi tidak berdampak lebih parah.

Lihat lebih banyak : Sekilas CSR Bintraco

Bintraco memilih penanaman Mangrove sebagai bentuk pelestarian lingkungan, mengingat selain fungsinya sebagai pemecah gelombang dan penetralisir limbah di laut, Mangrove juga sangat diperlukan sebagai habitat asli keanekaragaman hayati lahan basah. 

Mangrove dapat tumbuh dengan umur yang sangat panjang apabila disemai dan dirawat dengan baik. Oleh karena itu, Bintraco berkomitmen untuk mewujudkan pertumbuhan tanaman Mangrove yang baik demi Pesisir Indonesia. 

Bersama Bintraco, Menanam untuk Bedono
Bersama Bintraco, Menanam untuk Bedono (Dok.LindungiHutan)

Dalam pembukaannya pagi ini, Joko Tri Sanyoto juga menyampaikan; ‘Dengan melakukan kegiatan CRS seperti penanaman yang saat ini akan dilakukan, kami berharap dapat memberikan kontribusi untuk kelangsungan hidup ekosistem dan lingkungan secara berkelanjutan. Serta mempercepat terciptanya kawasan hutan mangrove yang saya yakini akan memberikan manfaat berlimpah bagi ekosistem di Pesisir Bedono, Sayung, Demak’.

Pelajari lebih lanjut : Mak Jah, Wonder Woman dari Pesisir Demak

Bintraco tidak hanya mewujudkan baktinya terhadap masyarakat, melainkan juga terhadap lingkungan. Melalui upaya penanaman Mangrove, diharapkan pesisir Indonesia terhindar dari ancaman abrasi pantai yang belakangan ini menjadi momok warga sekitar.