#BersamaMenjadiSeribu: THR untuk Antok

#BersamaMenjadiSeribu: THR Untuk Antok

Makna THR bagi sebagian orang adalah tentang uang, namun tidak bagi Mas Antok. Bagi mas Antok, THR yang paling berharga adalah bibit mangrove sebagai penyelamat tempat tinggalnya.

Mas Antok (26 tahun), bukanlah seorang PNS ataupun pengusaha kaya, ia hanya seorang buruh salah satu perusahaan di Semarang. Di rumah, ia tinggal bersama nenek, adik, dan kedua orang tuanya yang bekerja di bengkel las. Ia dan keluarganya tinggal di pesisir Semarang, sehingga ROB sudah menjadi teman dekatnya.

Sedihnya, ROB di tidak pernah absen mengunjungi rumahnya setiap tahun. Hal ini membuat hatinya tergerak meneruskan perjuangan pendahulunya untuk menyelamatkan masyarakat yang tinggal di pesisir Semarang.

Perjuangannya untuk menyelamatkan Semarang sejak 2016 bukanlah perjuangan yang mudah. Dimulai dari ditinggal oleh teman-teman komunitasnya, sehingga hanya tinggal berjuang berdua saja, hingga dianggap remeh oleh orang-orang di sekitarnya karena menanam mangrove yang hasilnya tidak bisa dirasakan seketika.

Pernah sekali waktu, dia baru pulang bekerja pukul 07.30 pagi dan harus melakukan penanaman pukul 08.00 pagi hingga sore, salah satu tetangganya bertanya, “Mbok rewangi koyo ngunu iki ono duite opo ora?” (Dibela-belain kerja kayak gitu tuh, ada gajinya atau nggak?). Bagaimana hati tidak sedih mendengar pernyataan itu, sebaliknya, Mas Antok malah semakin semangat untuk menanam mangrove agar suatu saat mereka yang meremehkan ini bisa ikut merasakan dampak baik dari hasil kerja kerasnya. Semangatnya tak pernah surut walaupun perjuangannya tak dibayar sepeserpun.

Sosok Antok sebenarnya bukan sosok yang asing bagi tim LindungiHutan.com. Beberapa campaign telah kami kerjakan bersama. Kami ingat bagaimana campaign pertamanya membuat Sabuk Pesisir Trimulyo Semarang bersama Tripari, sebuah kelompok yang bergerak dibidang POKDARWIS dan Pelestarian Lingkungan Pesisir LindungiHutan.com/trimulyo selain itu juga di Campaign Mangrove untuk Semarang dan juga Campaign Harapan Hutan, sosok Antok selalu hadir sebagai penyemangat dan energi baru bagi kami. Untuk itu, di momen bulan Ramadan kali ini, TIM Lindungi Hutan memutuskan untuk berupaya mencari ribuan sosok seperti beliau yang lain untuk #BersamaMenjadiSeribu.

Tentang LindungiHutan

LindungiHutan adalah sebuah startup asal kota Semarang yang berfokus pada penggalangan dana dan gerakan pelestarian kawasan hutan. Visi LindungiHutan yaitu “Bersama Menghijaukan Indonesia” dan Misi untuk “Menanam sejumlah penduduk Indonesia pada 2020”. Relawan LindungiHutan saat ini telah tersebar di lebih dari 70 daerah dengan total 4.000 relawan terdaftar.

Blog LindungiHutan adalah media publikasi digital yang berisi tentang kegiatan, kampanye alam dan relawan LindungiHutan.