Alternatif Wadah untuk Idul Adha Ramah Lingkungan

#lindungidiri dari Covid19

LindungiHutan.com, Semarang. Rabu, 22 Agustus 2018 umat muslim di Indonesia merayakan Idul Adha. Pada saat Idul Adha, dilakukan pula penyembelihan hewan qurban. Umumnya, oleh panitia, daging qurban dibungkus kantong kresek untuk kemudian dibagikan kepada yang berhak menerimanya.

Padahal, meskipun praktis, kantong kresek merupakan bahan yang berbahaya, baik bagi kesehatan maupun bagi lingkungan. Kantong kresek, apalagi yang berwarna hitam, adalah hasil daur ulang terakhir dan mengandung zat pemicu kanker. Selain itu, kantong kresek, sebagaimana jenis plastik lain, merupakan bahan yang sulit terdegradasi dan akan mencemari lingkungan.

Selengkapnya : #LindungiDiri, Kehidupan di Tengah Pandemi Corona

Oleh sebab itu, yuk mulai beralih ke bahan-bahan alternatif pengganti kantong kresek untuk wadah hewan qurban. Apa saja ya yang bisa dipakai? Berikut adalah beberapa barang yang kami rekomendasikan untuk Sahabat.

  • Daun Jati atau Daun Pisang
Daun Jati, Alternatif Pembungkus Daging yang Ramah Lingkungan
Daun Jati, Alternatif Pembungkus Daging yang Ramah Lingkungan / Foto: Backpacker Jakarta

Daun jati dikenal sebagai pembungkus daging yang baik karena bisa membuat daging tetap segar. Permukaannya juga cukup lebar untuk membungkus potongan daging. Jika Sahabat kesulitan mencari daun jati, fungsinya bisa digantikan oleh daun pisang yang lebih mudah ditemukan.

Dan karena merupakan bahan organik, maka daun-daunan ini aman untuk digunakan dan pastinya biodegradable dong.

Selengkapnya : Horny Cupcakes untuk 550 Pohon Cegah Bumi Tenggelam

  • Besek Bambu
Besek Sebagai Wadah Daging Kurban yang Mudah Dicari
Besek Sebagai Wadah Daging Kurban yang Mudah Dicari / Foto: Tribun

Alternatif kedua yang kami rekomendasikan untuk Sahabat adalah besek bambu. Barang yang cukup mudah ditemukan di pasar tradisional ini bisa menampung lebih banyak potongan daging. Penggunaan besek untuk wadah daging qurban juga sudah mulai banyak digunakan di beberapa daerah sih, cuma ya karena alasan kepraktisan, pamornya masih kalah dengan kresek.

Duh sedih.

Yuk, Adakan Penghijauan di Daerahmu!

Bersama LindungiHutan, Menghijaukan Indonesia.

  • Dus/Box Kertas
Dus / Box Karton Juga Wadah yang Ramah Lingkungan Lho
Dus / Box Karton Juga Wadah yang Ramah Lingkungan Lho / Foto: Harga

Dan rekomendasi terakhir kami jatuh kepada box kertas, itu tuh yang biasanya dipakai buat wadah nasi kalau hajatan. Harganya tidak semahal besek bambu juga, dan tersedia dalam berbagai macam ukuran.

Bahan ini bisa langsung digunakan, meskipun kami sarankan tetap melapisinya dengan daun jati/pisang karena alasan kesehatan. Dan karena berasal dari kertas, maka kita tidak perlu merasa bersalah pada lingkungan setelah barang ini tidak digunakan lagi.

Nah, itulah tiga bahan yang bisa Sahabat gunakan sebagai pengganti kantong kresek sebagai wadah daging qurban. Selamat menjalankan ibadah Idul Qurban bagi teman-teman yang muslim. Salam lestari!! (Kika)*

 

LindungiHutan.com merupakan Platform Crowdfunding Penggalangan Dana Online untuk Konservasi Hutan dan Lingkungan. Kunjungi situs berikut https://lindungihutan.com/kampanyealam untuk mendukung kegiatan dan aksi penghijauan teman-teman di daerahmu. LindungiHutan juga berpartisipasi dalam membantu pencegahan COVID-19 yang saat ini sedang menjadi pandemi dunia. Dengan kampanye #lindungidiri pada link berikut https://covid19.lindungihutan.com/, bantuan donasi dan keuntungan produk akan disalurkan melalui Yayasan Gerakan Indonesia Sadar Bencana.

Yuk jadi pioneer penghijauan di daerah tempat tinggalmu!