700 Bibit dari Kado dan LindungiHutan, untuk Alam Kendal

700 Cemara Laut dari LindungiHutan untuk Kendal
700 Cemara Laut dari LindungiHutan untuk Kendal (Dok.LindungiHutan)

KENDAL – Untuk kesekian kalinya, aksi penanaman pohon kembali terlaksana. Kegiatan yang diinisiasi oleh LindungiHutan Kendal, Komunitas Pecinta Alam beserta beberapa Relawan setempat, usai dilaksanakan pada tanggal 08 Maret 2020 di Pantai Jungsemi, Kecamatan Kangkung, Kota Kendal, Jawa Tengah.

Acara yang bertajuk ‘Kado untuk Alam, Kendal’ tersebut, berhasil menjaring 51 Peserta dengan total 700 bibit Cemara Laut yang sukses tertanam. Seruan penanaman ini, telah mulai dipublikasikan pada bulan Oktober dan November 2019 dalam kampanye alam yang berjudul 1.000 Pohon untuk Pesisir Kendal dan Tanah Baru untuk Pantai Kangkung.

Baca Lainnya : CSR Lingkungan Hidup Hijaukan Perusahaanmu

700 Cemara Laut untuk Kendal
700 Cemara Laut untuk Kendal (Dok.LindungiHutan)

LindungiHutan Cegah Abrasi yang Rusak Ekosistem

Kendal merupakan sebuah wilayah yang sangat indah. Karena terletak di sepanjang Pantura atau Pantai Utara, Kendal memiliki banyak pantai baik yang sudah terekspos maupun yang masih tersembunyi. Namun sayangnya, pantai merupakan wilayah yang rawan terkena abrasi, nama lain dari pengikisan permukaan tanah.

Belakangan ini, publikasi mengenai abrasi yang melanda pantai di Kendal meresahkan masyarakat sekitar. Minimnya green belt yang mengamankan pesisir Kendal, membuat abrasi yang melanda pantai-pantai di sekitarnya menjadi sulit untuk diatasi. Bahkan garis pantai di sepanjang kota Kendal terkikis hingga berpuluh meter dalam waktu singkat.

Hal tersebut secara otomatis membahayakan pemukiman sekitar beserta dengan bisnis yang mereka kelola berupa tambak, maupun ekosistem sekitar pantai berupa terumbu karang dan satwa perairan.

Yuk, Adakan Penghijauan di Daerahmu!

Bersama LindungiHutan, Menghijaukan Indonesia.

Relawan LindungiHutan Menanam Cemara Laut untuk Kuatkan Kendal
Relawan LindungiHutan Menanam Cemara Laut untuk Kuatkan Kendal (Dok.LindungiHutan)

Penanaman Cemara Laut bertujuan untuk mengamankan pesisir pantai. Cemara Laut atau Casuarina equisetifolia merupakan flora dengan berbagai manfaat; salah satunya sebagai tanaman hias, Cemara Laut dapat memiliki nilai estetika dan nilai jual yang tinggi.

Baca Lainnya : #HutanMerdeka: Mengenal Lebih Banyak Tentangnya

Cemara Laut juga berpotensi untuk dikembangkan dalam kawasan konservasi pesisir karena sifatnya sebagai penahan angin laut, serta penahan ombak dan hingga terpaan pasir yang berada di sekitar laut.

Cemara Laut juga dapat digunakan sebagai habitat asli beberapa biota, salah satunya burung. Pohon ini mampu menyediakan perlindungan bagi burung dari keadaan alam yang ekstrim maupun perlindungan dari predator.

Kami berharap, penanaman yang diinisiasi oleh Sahabat Alam dari berbagai wilayah di Indonesia, dapat menguatkan pesisir pantai yang membentang di Indonesia. Besar harapan LindungiHutan bahwa kegiatan ini dapat membawa pengaruh dan dampak besar untuk kelestarian alam Indonesia. (Intan Widianti Kartika Putri / LindungiHutan)*

 

LindungiHutan merupakan Platform Crowdfunding Penggalangan Dana Online untuk Konservasi Hutan dan Lingkungan. Dalam rangka mendukung kegiatan penghijauan teman-teman di Indonesia, yuk dukung Kampanye Alam daerahmu dengan berkunjung pada situs berikut https://lindungihutan.com/kampanyealam.

Yuk jadi pioneer penghijauan di daerah tempat tinggalmu!