5 Hewan Endemik Nan Lucu Namun Terancam Kepunahan

LindungiHutan.com, Semarang. Melihat-lihat binatang lucu di Kebun Binatang atau Taman Margasatwa sangat menyenangkan ya, Sahabat? Tingkah laku mereka yang imut-imut menggemaskan bisa membuat kita rileks dan bahagia. Tapi Sahabat tahu ga sih kalau ada banyak hewan di dunia yang ternyata endemik daerah tertentu lho.

Berikut adalah 5 hewan yang ternyata hanya bisa ditemukan di Asia. Wah, ada yang dari Indonesia ga ya?

 

Panda

Beruang berwarna hitam putih ini adalah hewan asli China bagian selatan. Panda adalah hewan herbivora dengan makanan utama bambu. Disamping menjadi hewan yang hanya ada di Asia, Panda juga merupakan hewan yang hanya ada di China.

Spesies beruang ini dapat ditemukan di pegunungan China tengah dan barat. Dia menjadi salah satu hewan paling terkenal dan mudah diidentifikasi di dunia dengan warna hitam-putihnya. Selain menjadi hewan endemik di China, ia juga merupakan salah satu hewan paling langka dan terancam punah terutama akibat dari hilangnya habitat.

Panda pertama kali ditemukan oleh seorang naturalis Perancis pada tahun 1869, yang kemudian menjadi simbol konservasi global dengan dijadikan sebagai logo World Wildlife Fund (WWF). Orang-orang China juga melihatnya sebagai simbol perdamaian. Sekarang ini, berbagai upaya telah dilakukan untuk mencoba dan melindungi populasi tersisa di habitat asli Panda.
-Komodo

Komodo adalah biawak terbesar di dunia dengan ukuran rata-rata 2-3 meter. Ia juga dianggap sebagai salah satu hewan purba yang masih hidup hingga saat ini. Reptil karnivora ini memiliki bisa dan bakteri pada air liurnya. Mangsa yang terkena gigitan dan air liurnya akan mati dalam seminggu karena infeksi. Dan dengan penciumannya yang mampu mencium hingga radius 9,5 km, Komodo akan mendatangi bangkai mangsanya tersebut untuk dimakan.

Indonesia patut berbangga karena salah satu kadal terbesar di dunia dan dipercaya sudah hidup sejak zaman dinosaurus ini hanya ada di Indonesia. Mengingat hal ini, maka International Union for Conservation of Nature and Natural Resources (IUCN) menetapkan Komodo sebagai hewan langka.

Pemerintah Indonesia pun menyatakan bahwa Komodo adalah salah satu hewan paling dilindungi. Bahkan, pemerintah secara khusus membuat tempat penangkaran Taman Nasional Komodo di Pulau Komodo, Nusa Tenggara Timur.

 

Yak

Yak adalah hewan ternak sejenis sapi yang hidup di wilayah Asia tengah. Kata yak merujuk kepada spesies jantan sedangkan seekor betina disebut dri atau nak. Yak banyak dimanfaatkan sebagai binatang pengangkut dan penarik bajak. Bulunya yang tebal membantunya untuk bertahan di iklim yang dingin.

Yak yang masih liar mempunyai tinggi sekitar dua meter di pundaknya, sedangkan yang diternak biasanya hanya setengah ketinggian tersebut. Kedua jenis tersebut sama-sama mempunyai bulu yang panjang untuk melindungi mereka dari kedinginan. Yak umumnya berwarna hitam atau coklat. Untuk yang diternakkan ada juga yang berwarna putih.

Yak banyak dimanfaatkan untuk susu dan dagingnya. Susunya sendiri berwarna merah jambu Selain itu, mereka juga digunakan untuk mengangkut barang melewati medan-medan yang berat seperti pegunungan.

Saat ini, Yak banyak yang dibunuh sebagai makanan oleh orang-orang Tibet sehingga kini mereka termasuk spesies yang terancam punah.

 

-Orangutan

Nama Orangutan berasal dari bahasa Melayu, ‘orang’ dan ‘utan’, yang berarti manusia hutan. Ia merupakan primata yang hanya ada di Asia, tepatnya Indonesia dan Malaysia. Kera besar berbulu coklat kemerahan ini memiliki kesamaan DNA sebesar 96.4% dengan manusia.

Hewan endemik dari Indonesia ini termasuk primata dengan ukuran tubuh yang sedang. Orang utan memiliki lengan yang panjang dan bulu cokelat kemerahan. Hewan yang paling dilindungi di Indonesia ini hanya bisa ditemukan di hutan tropis Kalimantan dan Sumatera.

Satwa yang satu ini sangat dilindungi karena kondisi populasinya amat memprihatinkan. Hewan ini sering menjadi sasaran perburuan liar untuk dijual menjadi hewan peliharaan, diambil dagingnya, atau hanya karena memasuki perkebunan warga. Meskipun belum termasuk hewan yang nyaris punah, Orangutan wajib dilindungi karena hewan ini hanya bisa ditemukan di Indonesia dan Malaysia.

 

Anoa

Anoa merupakan hewan endemik Sulawesi, Indonesia. Tubuhnya mirip dengan kerbau berukuran kecil dan memiliki tanduk yang lurus. Mamalia bertubuh coklat kehitaman ini ditetapkan sebagai hewan yang terancam punah sejak 1960.


Hewan endemik Sulawesi ini sudah masuk dalam daftar hewan yang paling dilindungi di Indonesia sejak tahun 2000-an. Anoa yang sekilas nampak seperti kerbau kerdil ini jumlahnya hanya kurang dari 5.000 ekor saja di Indonesia.

Sebagai hewan yang langka, satwa ini memang sangat menarik bagi para pemburu. Mereka memanfaatkan daging, tanduk, dan kulit anoa untuk dijual kembali. Hewan yang juga menjadi maskot Sulawesi Tenggara ini juga dilindungi dalam penangkaran Taman Nasional Lore Lindu di Sulawesi.

Wah ternyata 3 dari 5 daftar diatas adalah hewan endemik di Indonesia, patut bangga dong sama negara kita ini. Tapi sayang ya ketiga hewan tersebut sudah masuk redzone IUCN, yuk lindungi yang tersisa dengan bersama menghijaukan Indonesia. (Kika)

 

Referensi: Bacaterus, Libgar